KESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Sebelum Dilantik 54 Orang Calon Anggota Panwascam Jalani Tes Bebas Narkoba, Besok Bawaslu Bangkalan Umumkan  Calon Anggota Panwascam

Ketua Bawaslu Bangkalan, Achmad Mustain Saleh

Bangkalan, maduranewsmedia.com- Sebelum dilantik dan diumumkan secara resmi oleh Bawaslu kabupaten Bangkalan, 54 orang calon anggota panwascam menjalani tes bebas Narkoba.”Tes wawancara sudah selesai, pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2022 kita melakukan rapat Pleno penetapan calon panwascam dari 6 orang ditetapkan menjadi 3 orang berdasarkan nilai akumulasi tes tertulis dan tes wawancara. Sesuai dengan juknis bagi calon anggota panwascam  yang akan dilantik mereka harus menyerahkan surat bebas narkoba dan sehat rohani, dan hari ini ke 54 orang calon anggota Panwascam menjalani tes bebas Narkoba dan kesehatan rohani di rumah Sakit, ” kata Ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan, Ahmad Mustain Saleh, Selasa (25/10/2022)

Dikatakan dia, dalam penentuan  bebas narkoba dan kesehatan rohani ini merupakan wewenang dari rumah sakit. “Ini ranah-nya rumah sakit, Bawaslu sedang menunggu hasilnya yang dijanjikan malam ini atau paling telat besok Rabu pagi, ” jelas Mustain sapaan akrabnya Ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan ini.

Ketua Bawaslu Bangkalan yang juga mantan Jurnalis ini menjelaskan, jika nanti hasil dari tes bebas narkoba dan kesehatan rohani ada persoalan, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit. “Kalau tidak ada persoalan ke  54 orang yang sudah kita tetapkan yang merupakan 3 besar di masing masing kecamatan ini, besok akan kita umumkan secara resmi, tapi kalau ada persoalan, maka kami akan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit apakah harus diganti atau ada langkah langkah lainnya, ” terangnya.

ketika didesak apakah keterwakilan perempuan sebesar 30 persen terpenuhi pada rekruitmen anggota panwascam pada pemilu 2024 ini  ? “Dari 54 orang anggota panwascam yang ditetapkan Bawaslu kabupaten ada 6 orang perempuan kita masih diangka 12 persen, memang harapan 30 persen masih jauh, tapi kalau dibandingkan dengan pemilu 2019 sudah mulai  ada peningkatan, pada pemilu 2019 kemarin ada 4 orang dan  sekarang ada 6 orang, ” tuturnya.

Yang jelas kata Mustain, Bawaslu kabupaten Bangkalan sudah berupaya sekuat tenaga untuk memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan pada rekruitmen anggota panwascam “Kita sudah sangat berupaya semaksimal mungkin, memang ada juga 2 orang perempuan yang  lolos 6 besar, namun kita sangat menyayangkan pada saat tes wawancara keduanya memilih tidak berkiprah di kita (Bawaslu Red) ada yang diterima di PPPK dan ada yang telah memiliki penghasilan lain, ” pungkasnya. (min/shb)