HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Selama Status Tanggap Darurat Kekeringan, BPBD Bangkalan Telah Distribusikan 27 Tangki Air Bersih

Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Morris

Bangkalan, maduranewsmedia.com– sejak pendistribusian bantuan air bersih pada hari Senin 11 September 2017 lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bangkalan telah mendistribusikan 27 tangki kepada 27 desa yang mengalami kering kritis. “Sebanyak 27 tangki milik PDAM sudah kita droping air ke 27 desa di 5 kecamatan yang mengalami kering kritis,” Kata Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Morris  Jum,at (22/9/2017).

Dikatakan Rizal Morris, ke 5 kecamatan yang mengalami kering kritis itu adalah kecamatan Kokop, Konang, Klampis, Tragah dan Blega. “Jadi untuk ke 5 kecamatan ini penaganan darurat untuk bantuan air bersih,” jelas Rizal Morris.

Dijelaskan Rizal Morris, jika melihat kondisi di lapangan masyarakat yang berada di desa kering kritis itu, bantuan 1 tangki air itu masih kurang. “Kalau melihat antusias masyarakat memang bantuan 1 tangki ini kurang,  makanya  kalau nanti anggaran yang ada di BPBD bangkalan tidak mencukupi, maka BPBD  Propinsi siap untuk membac-upnya,” terangnya.

Ditambahkan Rizal Morris, .  Status tanggap darurat ini diprediksikan masih akan terus berlanjut hingga nanti droping ait bersih sampai semua kering keritis yang ada di 12 kecamatan tercukupi. “Kalau sudah normal nanti statusnya kembali transisi darurat,” katanya.

Kepala BPBD Bangkalan ini meminta kepada semua camat untuk terus memantau masyarakatnya. “Apabila wilayahnya membutuhkan ait bersih darurat segera memberikan laporan kejadian dengan tujuan bupati tembusan BPBD. karena laporan kejadian ini jadi dasar untuk menyalurkan bantuan,” pungkasnya. (hib/shb)