Selamatkan Jiwa YBHYSA Lakukan Kegiatan Rembug Pemangku Kepentingan TBC Kabupaten Bangkalan

Pemangku Kepentingan TBC kabupaten Bangkalan saat foto bersama

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Ada banyak cara yang dilakukan oleh elemen masayarakat dalam memperingati TB Day yang diperingati setiap tanggal 24 Maret. seperti yang dilakukan oleh Sub-sub recipient (SSR)  Yayasan Banu Yasha sejahtera (YABHYSA) Kabupaten  Bangkalan dalam rangka memperingati TB day menggelar kegiatan rembuk pemangku kepentingan TBC. “Kegiatan ini kami gelar sesuai dengan Visi YBHYSA yaitu  menjadi lembaga pengembangan potensi dan peningkatan kualitas hidup,” kata Staff Program YBHYSA, Feby Fitri Winda Kesuma S.Psi dalam acara  rembuk pemangku kepentingan TBC selamatkan jiwa di salah satu Cafe di kota Bangkalan, Kamis (31/03/2022).

Dikatakan dia, sedangkan misi dari YBHYSA melakukan penguatan kelembagaan dengan peningkatan kualitas SDM dan pengembangan manajemen organisasi. mengembangkan akuntabilitas dan transparansi keuangan lembaga, membangun kesadaran akan hak-hak asasi manuasia untuk meningkatkan kualitas hidup,  melakukan upaya pemberdayaan dan pengorganisasian masyarakat untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan hidup dan membangun kemitraan baik dengan pemerintah, swasta, lembaga/organisasi lokal, nasional, maupun internasional yang mendukung terwujudnya tujuan organisasi

Dijelaskan Feby, kegiatan yang udah dilaksanakan YBHYS antara lain; MoU dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan,  Peringatan Hari TB Sedunia 2021,  Pelatihan Kader TBC,  Pelatihan TBC Covid Untuk Kader,  Pelatihan pengantaran specimen dan OAT,  Rapat rutin dengan Dinkes, PJ TB PKM dan Kader,  Pertemuan untuk Membahas Pasien TB MDR LTFU,  Investigasi Kontak dan penyuluhan.

Dalam kesempatan itu Kasi P2M Dinas kesehatan kabupaten Bangkalan, Hj Maryamah membeberkan  Capaian program TBC di kabupaten  Bangkalan. “Pada tahun 2021 kita menemukan  636 DPA positif. memang pada tahun 2021 kasus TBC mengalami penurunan,” jelas Maryamah.

saat ini kata dia. kabupaten Bangkalan berada pada ringking ke 17 hingga 18 se- Jatim. “Kasus TB terbanyak di kabupaten Bangkalan itu di kecamatan  Konang dan kecamatan Galis,” pungkasnya. (min/shb)