HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Server Rusak, Ribuan Data E-KTP Masyarakat Pamekasan Hangus

masyarakat saat mengurus E-KTP
masyarakat saat mengurus E-KTP

Pamekasan, maduranewsmedia.com -Banyaknya keluhan dari masyarakat terkat e-ktp kepada DPRD Pamekasan langsung ditanggapi dengan melakukan sidak ke Dispenduk capil setempat,  dalam sidak tersebut, Wakil rakyat menemukan ribuan data milik masyarakat yang hangus akibat server rusak.

Ketua Komisi I DPRD Pamekasan, Ismail beserta anggotanya yang melakukan sidak ke kantor Dispenduk menemukan ribuan data milik masyarakat seperti data  e-KTP data akte kelahiran, kartu keluarga yang hangus “Saya minta kepada kepala dispenduk capil pamekasan agar secepatnya alat itu, di perbaiki agar pelayanan masyarakat tidak tergaggu, bahkan ia minta data yang hagus agar segera diurus, takut dampaknya terkena kepada masyarakat, “ kata ketua komisi I ismail, saat sidak, Selasa (04/10/2016)

Sementara itu, Kepala dispenduk capil pamekasan, Herman Kusnadi mengatakan data yang ada di dalam server induk tersebut meliputi data elektronik kartu tanda penduduk (e-ktp), kartu keluarga (kk) akta kelahiran dan data kependudukan lainnya.

Di tambahkan Herman Kusnadi server milik Dispenduk yang rusak sejak menjelang H-2 Hari raya idul Adha, tapi sekarang sudah diperbaiki dan siap melayani perekaman data lagi. “Untuk perbaikan server ini tidak bisa dilakukan disini, tapi harus dibawa ke surabaya dan itu pun ada data kami yang hilang,” terang . Herman Kusnadi.

Herman Kusnadi menjamin tidak ada masalah dengan hilangnya data kependudukan tersebut, karena data yang tersimpan di dalam server itu sudah tercetak secara keseluruhan. “Hanya untuk keperluan administrasi di internal Dispenduk capil yang memerlukan entri data baru  warga yang sudah  perekaman untuk pembuatan e-ktp saat ini sudah mencapai 90 persen dari jumlah wajib KTP kurang lebih 500 ribu orang,” pungkas herman Kusnadi. (rhm/shb)