HEADLINEKESEHATANPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Soal Kasus Penyakit Hipatitis A,  Kepsek SMPN 5 Tak Terima Disalahkan Tim Dinkes

 

Kantin SMPN-5 Bangkalan

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Kepala SMPN-5 bangkalan Mohammad Solehuddin tidak terima jika tim Dinkes menyalahkan pihak sekolah dalam kasus penyakit Hipaptitis A yang terjadi beberapa waktu lalu. “Kami tidak terima kalau pihak Dinkes menyalahkan SMPN 5, kenapa kok tidak menyalahkan rumahnya siswa,” kata Kepala SMPN-5 Bangkalan, Mohammad Solehuddin, Jum,at (27/01/2017).

Dikatakan dia, penyakit Hipatitis A itu berawal ketika salah seorang siswa namanya Maya menderita Hipatitis A. “Ternyata awal penyakit itu dari Maya, dia orang tuanya memang sakit hepapatitis A. Kok malah dikatkan kantin sekolah kami kotor  dan sumur, padahal bisa jadi  Bisa jadi sumbernya penyakit itu dari siswa,” jelas Solehuddin.

Padahal kata Solehuddin, untuk kebersihan lingkungan termasuk lingkungan kantin dan sumur settiap hari dibersihkan, bahkan untuk kebersihan dan kesehatan dilingkungan sekolah SMPN-5 ini, pihaknya menjalin kerjasama dengan Puskesmas kota. “Kita kerjasama dengan puskesmas kota, dan UKS ada MoU, jadi setiap 3 bulan sekali ada penyuluhan dari puskesmas kota,” katanya.

Beruntung kata Solehuddin, untuk menyembuhkan penyakit Hipatitis A yang menyerang siswa SMPN5 bangkalan ini, pihkanya memberikan ramuan temu lawak kepada siswa yang terjagkit Hipatitis A.”Tiap hari. kami menugaskan teman bawa jamu temu lawak untuk diberikan kepada siswa, alhamdulillah penyakit Hipatitis A bisa sembuh dengan minum ramuan temu lawak,” pungkanya. (hib/shb).