HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Sudah Berusia Tua Mobil Damkar Milik  Satpol PP Bangkalan Sering Mogok Saat Menuju Lokasi Kebakaran

Mobil Damkar

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Satpol PP  Bangkalan mempunyai 3 unit mobil pemadam Kebakaran (Damkar). Dari 3 unit Damkar yang ada,  2 unit sudah berusia tua sehingga seringkali mogok saat menuju ke lokasi kebakaran. “Pada waktu itu, pada saat akan melakukan pemadam api saat terjadi kebakaran di wilayah Socah mobil damkar kita mogok di tengah jalan, ” kata Kasatpol PP Bangkalan, Rudiyanto, Rabu (01/02/2023)

Dikatakan dia, kejadian mobil damkar yang mogok saat menuju lokasi  kebakaran itu bukan yang  pertama kali. “Mobil Damkar mogok di tengah jalan karena mobil damkar umur sudah tua dan tidak layak untuk di gunakan,” jelas Rudi sapaan akrabnya Kasatpol PP Bangkalan ini.

Dijelaskan Rudy, sejak tahun 2010 Satpol PP memiliki 3 unit mobil damkar, namun 1  dari 3 unit sudah berusia belasan tahun. “Kita tetap memaksimalkan penggunanya dan anggota kita tiap bulan selalu melakukan perawatan dan menservis nya,” terangnya.

Ditambahkan Rudy, mobil Damkar yang dimiliki Satpol PP saat ini masih kurang. “Mobil Damkar yang kita memiliki cuma 3 unit itu kita kurang, dengan minimnya armada petugas kesulitan dalam menjalankan tugas pada saat melakukan pemadaman, ” tuturnya.

Meski demikian kata Rudy, pihaknya tetap responsif terhadap laporan masyarakat karena penyelamatan tidak hanya kebakaran saja namun juga keselamatan nyawa  manusia dan hewan ternak. “Bagi kami penyelamatan yang paling utama, ” katanya.

Kasatpol PP Bangkalan mengharapkan di setiap kecamatan di kabupaten bangkalan mempunyai mobil Damkar. “Kita sudah mengajukan ke pemkab untuk anggaran damkar tapi belum ada keputusan dari pemerintah daerah, dinas perlu anggaran juga setiap kecamatan semestinya tersedia mobil damkar untuk memberikan pelayanan ketika ada kejadian yang datang secara tiba-tiba,” pungkasnya (edi/shb)