HEADLINEPERISTIWATERKINI

Tahun Ini Hanya 5 SMP dan 2 MTs Yang Melaksanakan UNBK Mandiri

melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Risman Iriyanto

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Kalau SMA dan SMK di kabupaten Bangkalan 100 persen ujian Nasional Berbasis Komputer. (UNBK),  namun di tingkat SMP hanya ada 5 SMP dan Madrasah Tsanawiyah yang melaksanakan UNBK mandiri. “Sarana Prasarana yang ada belumme memenuhi peserta yang ada, walaupun posisinya menumpang ke SMA dan   SMK,”. Kata Kadisdik Bangkalan Moh Mohni melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Risman Iriyanto, Jum,at (17/2/2017).

Dikatakan Risman Iriyanto, pada pelaksnaan Ujian Nasional (UN) tahun ini ada 34 lembaga SMP dan Madrasan Tsanawiyah (MTs) yang menyelenggarakan UN dengan rincian 30 lembaga SMP dan 4 lembaga MTs. “Kalau untuk total jumlah SMP dan MTs yang mengikuti UN sebanyak  300 sekolah, untuk jumlah SMP-nya 235 dan sisanya MTs,” jelasnya.

Namun kata  Risman, dari jumlah peserta UN tersebut, Penyeleggara UNBK mandiri ada 5 sekolah, yaitu SMPN 5, SMPN 4 Kamal, SMP Darul Hikmah,  SMP Nurul Amanah, SMP AN Nur Fuadi. Seeedaangkan MTs-nya  2 sekolah yaitu MTsN dan  MTs Agung Mulya kecamatan Labang. “Sisa-nya masih tetap uJian Nasional manual, pakai soal dan kertas jawaban seperti UN pada tahun sebelumnya,” terangnya.

Ditambahkan Risman, sebenarnya pemerintah menargetkan semua SMP dan MTs tahun ini 100 persen UNBK, namun karena keterbatasan sarana, makanya target 100 persen UNBK SMP tahun ini tidak terlakasana. “Insya Allah tahun depan UNBK SMP dan MTs bisa 100 persen,” katanya.

Fasiltas yang ada di SMA dan SMK saat ini kata Risman, nantinya bisa menjadi penyemangat bagi pengelola SMP dan MTs agar tahun depan bisa UNBK. “Kalau di prosentasekan, saat ini masih. 3 plus persen SMP dan MTs di bangkalan yang menyelenggarakan UNBK,” tuturnya.

Risma mengharapkan, adanya penyelenggara UNBK mandiri SMP dan MTs pada tahun ini, nantinya bisa menjadi motivasi  SMP dan MTs lainnya untuk bisa UNBK. “Kalau UN manual itu lebih mahal, sperti percetakan soal soalnya, dan kalau UNBK ngak pakek  kertas,” pungkasnya. (hib/shb)