HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Tampung Anak Putus Sekolah, Alumni SMPN-1 Kwanyar Dirikan PKBM Delima’85 YAMIB

para pengurus PKBM Delima'85 YAMIB Desa Batah Timur Kecamatan Kwanyar
para pengurus PKBM Delima’85 YAMIB Desa Batah Timur Kecamatan Kwanyar

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, para Alumin SMPN-1 Kwanyar tahun 1985 mendirikan Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Delima’ 85 YAMIB.  PKBM tersebut di dirikan di desa Batah Timur kecamatan Kwanyar kabupaten Bangkalan. “Jadi berdirinya PKBM baru di desa Batah Timur ini tujuannya untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, terutama di wilayah kecamatan Kwanyar,” kata pembina PKBM Delima’85 YAMIB, Siti Sumriyah, Senin (06/06/2016).

Dijelaskan dia, munculnya gagasan untuk mendirikan PKBM Delima’85 YAMIB ini karena para alumni SMPN-1 Kwanyar tahun 1985 yang memang bergelut didunia pendidikan ini prihatin dengan banyaknya  anak putus sekolah yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. “PKBM Delima’85 YAMIB ini dikelola oleh para Amumni SMPN-1 Kwanyar 1985 dan semua pengurus dari PKBM Delima’85 YAMIB ini memang mempunyai back ground pendidikan semua,” kata Sumriyah yang juga menjabat sebagai Kabid Dikluseniraga Disdik Bangkalan ini.

Lebih lanjut Sumriyah menjelaskan, sejak di lounching-nya PKBM Delima’85 YAMIB pada hari Sabtu (04/06/2016) PKBM ini sudah mulai menerima pendaftaran peserta didik baru untuk semua program yang ada di PKBM tersebut. “Selain Program Kesetaraan, kita juga mempunyai program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan keaksaraan dan kesataraan, Taman bacaan masyarakat, dan ketarampilan,” terangnya

Ditambahkan Sumriyah dengan berdirinya PKBM Delima’85 YAMIB di desa Batah Timur ini diharapkan keberadaaan PKBM yang baru didirikan ini kedepan nantinya bisa merambah ke kecamatan lain. “Sesuai dengan targetnya dari pendirian PKBM Delima’85 YAMIB ini yaitu ingin meningkatkan SDM yang ada di kecamatan Kwanyar, ya kita harapkan nanti bisa merambah ke kecamatan lain di kabupaten bangkalan ini, karena sasaran dari PKBM kita ini anak putus sekolah dari kalangan masyarakat bawah  atau masyarakat yang tidak mampu,” tuturnya.

Pembina PKBM Delima’85 YAMIB  ini optimis keberdaan PKBM yang dimotori oleh alumni SMPN-1 Kwanyar tahun 1985 ini mampu bersaing dengan dua PKBM yang sebelumnya sudah berdiri di kecamatan Kwanyar. “Kalau melihat Pengurusnya PKBM Delima’85 YAMIB  yang merupakan orang-orang yang memiliki Basic pendidikan saya yakin PKBMini cepat maju, apalagi pada saat lounching, yang dihadiri oleh kades. Batah Timur, H Tamrin, para penilik di kecamatan Kwanyar semua hadir, semakin menamabh semagat dari pengeurus PKB ini,” pungkasnya. (hib/shb)

Inilah susunan Pengurus PKBM Delima’85 YAMIB Desa Batah Timur Kecamatan Kwanyar

Pembina          : Sumriyah

Ketua               : Kangian’am

Sekretaris        : Abdus Suki

Bendahara       : Hadsan Busri

Pengawas        : Siti Maria