Terkendala Angaran Disnak Bangkalan Belum Bisa Lakukan Vaksinasi Hewan Ternak

Kabid Keswan Ali Makki

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan sampai saat ini belum bisa melakukan vaksinasi terhadap ternak agar supaya tidak terpapar virus PMK. Namun vaksinasi itu belum bisa dilakukan karena terkendala anggaran. “Kalau untuk rencana vaksinasi ada, tapi belum bisa dilaksanakan karena kami Belum dapat akses dana bencana,, ” kata Kepala Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan, Ahmad Hafid melalui Kabid Keswan Ali Makki, Rabu (22/06/2022).

Dikatakan Dia, kalau nanti  sudah mendapatkan akses dana bencana dan vaksinasi hewan ternak dilakukan, maka pihaknya akan memprioritaskan vaksinasi untuk sapi kerap. “Kalau ada Vaksinasi  kita prioritaskan sapi kerap, karena sapi kerap  kerugian ekonominya tinggi, ” jelas Ali panggilan akrabnya Kabid Keswan Disnak Bangkalan ini.

Dijelaskan Ali, pihaknya tidak bisa memprediksi sampai kapan wabah PMK berakhir. “Kami tidak bisa memprediksi sampai kapan? Namun selama belum ada vaksinasi  kita memberikan  edukasi kepada masyarakat peternak untuk memberikan obat obatan herbal kepada hewan ternaknya, ” terangnya.

Ditambahkan Ali Makki, jika nanti ada vaksinasi, maka vaksinaso itu akan diberikan kepada hewan ternak yang belum terpapar virus PMK. “Kalau sapi yang sudah  terpapar tidak perlu di vaksin karena sudah memiliki anti body, ” tuturnya.

Kabid Keswan Disnak Bangkalan mengharapkan Disnak Bangkalan bisa mengakses dana bencana agar supaya segera bisa melaksanakan vaksinasi terhadap hewan ternak dan kabupaten Bangkalan terbebas dari wabah PMK. (min/shb)