HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Terkendala Anggaran, CJH Bangkalan Belum Diberi Bimbingan Manasik Haji

Kasi haji dan Umroh, Abd Hamid
Kasi haji dan Umroh, Abd Hamid

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Anggaran untuk bimbingan manasik jema,ah ahji di kantor Kementrian Agama kabupaten Bangkalan sampai saat ini belum turun, akibatnya ratusan calon jema,ah haji (CJH) belum diberi bimbingan manasik haji. Seharusnya sebelum bulan Romadhan para calaon jema,ah haji telah biberi bimbingan manasik. “Belum ada angagran turun, makanya CJH belum diberi bimbingan manasik, seharusnya sebelum Romadhan mereka sudah diberi bimbingan manasik haji,” kata Kasi Pelayanan Haji dan Umroh  Kantor Kementrian Agama kabupaten Bangkalan, H Abd Hamid, Minggu (19/06/2016).

Dikatakan dia, karena masih terkendala dengan anggaran yang belum cair, maka untuk pelaksanaan bimbingan calaon jema,ah haji akan dilakukan setelah hari raya lebaran. “Insya Allah setelah lebaran CJH akan diberi Bimbingan manasik, karena setelah hari raya itu masioh ada jeda waktu sekitar 1 bulan dan manasik haji di kabupaten kemungkinan bisa dilakukan sebanyak dua kali,” jelasnya.

Dijelaskan Abd Hamid,  untuk jumlah CJH kabupaten Bangkalan yang melakukan pelunasan tahap pertama dan  CJH ynag menunda keberangkatan pada tahun kemarin sebanyak 549 orang CJH. Jumlah tersebut jika dibandingkan dengan jema,ah haji tahun lalu meningkat. “Jumlah CJH tahun lalu sebanyak 480, sekarang sudah 549 ini baru pelunasan tahap pertama belum pelunasan tahap kedua, ya diprediksikan CJH kita pada musim haji tahun ini bisa mencapai 600 orang,” katanya.

Ditambahkan Abd Hamid, untuk pelunasan tahap kedua akan dibuka mulai tanggal 20 juni (hari ini red) hingga tanggal 30 Juni. “Setelah pelunasan tahap kedua ini, baru nanti diketahui berapa umlah CJH yang akan berangkat tahun ini,” tuturnya.

Paara CJH yang akan berangkat e tanah suci tahun ini kata Abd hamid, adalah para pendaftar pada saat tahun keberangkatan 26 Nopember 2009 hingga 15 januari tahun 2010. “Kalau CJH waiting list jelas masih ada,” pungkasnya. (hib/shb)