HEADLINEOLAH RAGAPERISTIWATERKINI

Tim Sepakbola Usia Dini Bangkalan  Kebobolan 78 Gol

Kepala Dispora Kabupaten Bangkalan Moh Sa’ad Asjari (topi putih) menyerahkan tropi kepada Tim Putra Baja Surabaya
 Bangkalan,maduranewsmedia.com – Empat tim sepakbola usia anak dan remaja Bangkalan menderita kebobolan hingga 78 gol selama Festival Sepak Bola Usia Dini berskala nasional di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Sabtu (6/7/2018) hingga Minggu (7/7/2018) petang.
Total jumlah 78 gol itu merupakan akumulasi tim Mitra Bangkalan U-10 (13 gol), Mitra Bangkalan U-12 (15 gol), Mitra Bangkalan U-14 (9 gol), Bangkalan Selection U-14 (41 gol)
Empat tim tersebut hanya mampu mengumpulkan gol sejumlah total 15 gol. Mitra Bangkalan U-10 (2 gol), Mitra Bangkalan U-12 (6 gol), Mitra Bangkalan U-14 (4 gol), Bangkalan Selection U-14 (3 gol).
Selain menjadi lumbung gol, posisi empat tim Kota Salak di klasemen  begitu memprihatinkan. Mitra Bangkalan U-10 berada di dasar klasemen atau di peringkat delapan. Sedangkan Mitra Bangkalan U-12 berada di posisi enam. Di klasemen kelompok U-14, Bangkalan Selection berada di dasar klasemen dan Mitra Bangkalan di posisi tujuh. “Ini menjadi bukti di lapangan bahwa sebuah akademi pembinaan di Bangkalan dikelola belum optimal,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bangkalan Moh Sa’ad Asjari.
Dari tujuh kali bermain, Mitra Bangkalan U-10, U-12, dan U-14 hanya menang-imbang satu kali dan lima kali kalah. Sedangkan Bangkalan Selection tidak pernah menang atau kalah tujuh kali.
Ia menjelaskan, kendati semangat dan potensi para pemain tidak kalah, namun fakta-fakta di lapangan merupakan sebuah pelajaran berharga bagi sistem pembinaan sepakbola usia dini di Bangkalan. “Pola-pola pembinaan harus meniru seperti mereka. Kami perlu merubah dan menyempurnakan pembinaan secara ilmiah dan profesional,” jelasnya.
Ajang tersebut merupakan hasil kerjasama Dispora Bangkalan dan Indonesia Soccer Academy (ISA) yang dikemas dalam 5th Anniversary Cup Setiap kelompok umur berisikan delapan tim. Total peserta berjumlah 24 tim dari berbagai akademi sepakbola.
Dari Jatim diwakili ISA Sidoarjo,  Bligo Putra Sidoarjo, Semboro Jember, Petrogres Gresik, Lamongan Soccer Academy (LSA), Mitra Bangkalan, Bangkalan Selection, Juanda FC Sidoarjo, Star Generation Surabaya, Putra Baja Surabaya, dan Subangkit Soccer School Pasuruan.  Sedangkan dari luar Jatim, diikuti Mataram Soccer Academy (MSA),
Junior Sport Academy (JSA) Bali, dan Mandala United Bali,. Tiga tim ini tiba di Bangkalan sejak Jumat (6/7/2018). “Terima kasih untuk semua tim, offisial, dan para orang tua pemain telah bermain di Bangkalan,” pungkasnya.
Dalam ajang tahunan itu, Juanda FC juara 1 kelompok U-10, Mandala United juara 1 U-12, dan Putra Baja Surabaya Juara U-14. senndiri ISA sekaligus penanggung jawab 5th Anniversary Cup Imam Syafii berharap, event ini mampu melecut dan membangkitkan kembali sepkbola Bangkalan. “Kami akan dukung penuh berdirinya Bangkalan Soccer Academy (BSA) sebagai pusat pembinaan sepakbola usia muda berkarakter,” ujarnya.
Dukungan itu dibuktikan ISA dengan keberadaan pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri dan Pelatih Tim Barito Putera Jakcsen F Tiago. Keduanya didapuk sebagai konsultan BSA. (hib/shb)