HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Tingkatkan Budidaya Kambing, Peternak Bangkalan Dilatih Membuat Pakan Silase

Nara sumber saat menyampaikan materi

Bangkalan, maduranewsmedia.com- Untuk meningkatkan Budidaya kambing, Peternak di kabupaten Bangkalan diberi pelatihan cara membuat dan penggunaan pakan Silase. “Pakan merupakan salah satu faktor penting daya ternak, ” kata Kabid pembibitan pakan dan Produksi peternakan  (P4) Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan, drh Suba,i disela sela acara Sedekah hijau daun “solusi jitu”  peroleh pakan hijauan berkualitas, penggunaan pakan Silase dalam menunjang budidaya  kambing dan domba
Di aula Kebun HPT Socah, Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan, Rabu (10/08/2022).

Sebab kata dia, pakan menjadi penentu dalam kalkulasi keuntungan peternak, selain itu pakan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok pertumbuhan, produksi dan reproduksi bagi ternak. “Makanya hari ini peternak kita beri pelatihan cara membuat pakan Silase agar pada saat musim kemarau dimana mencari pakan hijauan sulit, peternak membuat pakan Silase ini, ” jelas Ba, i sapaan akrabnya Kabid P4 Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Ba, i, Silase ini merupakan bentuk awetan segar hijauan pakan yang mengalami proses insilase (fermentasi). “Karena potensi lahan di kabupaten bangkalan sangat banyak, maka akan terus kita kembangkan, di kebun bibit Socah  ini ada 5 jenis bibit pakan yang siap untuk di kembangkan para peternak, ini, terangnya.

Sementara itu, Kasi Pembibitan dan HMT, UPT Pembibitan dan Keswan Pamekasan  Madura, Abdul Rohman SPt mengatakan, peternak harus paham terhadap pakan, sebab Kalau beternak, tapi tidak tahu pakan yang cocok maka tidak akan berhasil.

Selain diberi materi, para peserta langsung praktek cara membuat pakan Silase. Praktek lapangan di kebun bibit Keswan Socah dipandu langsung oleh Kasi Pembibitan dan HMT, UPT Pembibitan dan Keswan Pamekasan  Madura, Abdul Rohman SPt. (min/shb)