HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Tingkatkan Komunikasi Antara Polisi dan Masyarakat.Polres Bangkalan Launching Polisi RW Dan Kasatkamling

Plt Bupati Bangkalan Mohni dan anggota Forkopimda Bangkalan memukul kentongan dalam launching Polisi RW

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk memudahkan dan meningkatkan komunikasi antara Polisi dan masyarakat, Polres Bangkalan melaunching Polisi RW dan Kasatkamling, “Tujuan dari Polisi RW ini untuk memudahkan dan meningkatkan komunikasi antara Polisi dan masyarakat, dan Polisi RW harus bisa menciptakan kondifitas baik peventif maupun preemtif yang bertujuan untuk mencari solusi dari permasalahan masyarakat desa setempat,” Kata kapolres bangkalan AKBP Febri Isman Jaya usai memimpin Apel  Besar Polisi RW dan Kasatkamling Jajaran Polres Bangkalan Tahun 2023  di halaman Mapolres Bangkalan, Rabu (17/05/2023).

Dikatakan dia, dalam polisi RW dan Kasatkampling ini,  semua anggota polri sebagai pembina Kamtibmas dan bisa dekat bersama masyarakat  “Program ini sebagai wujud  dan integritas Polri dalam menjaga kamtibmas sebagai pengemban polmas dalam komunitas lingkup RW, Untuk itu semua anggota agar bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina kamtibmas dengan tujuan menciptakan, mendekatkan Polri dengan masyarakat, ” jelas Febri sapaan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.

Jika terjadi masalah di kampung kata Febri, cukup sampai di Polisi RW. “Jika terjadi masalah, langkah pertama, mendatangi RT dan RW nya di desa tersebut, lalu silahkan diajak komunikasi dan koordinasi, intinya tampung curahan hati dari masyarakat terkait masalah kamtibmas maupun tentang kepolisian. Kita harus bersinergi dengan seluruh komponen yang melaksanakan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, ” terangnya.

Ditambahkan Febri, Polisi RW ini bertugas sebagai petugas penghubung LO (Liaison Officer/naradamping) Polri di tiap RW.  “Sebagai LO  tugas Polisi RW itu mendengarkan dan menerima keluh kesah keresahan, permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat untuk melaksanakan tugas melalui langkah preventif dan humanis atau dilaporkan ke Polsek maupun Polres untuk diselesaikan, ” tuturnya

Dengan hadirnya polisi RW ini Imbuh Febri, diharapkan kondusifitas serta kamtibmas di berbagai daerah termasuk dilingkup  akan lebih terjaga secara efektif dan efisien. “Kami juga berharap masyarakat Bangkalan juga dapat ikut andil dalam menjaga kondusifitas dan kamtibmas dengan menghidupkan kembali Poskamling di tiap daerah serta ikut mendukung program Polisi RW dan Kasatkamling,” katanya.

Launcing program Polisi RW Polres Bangkalan ini ditandai dengan penerbangan balon udara dan pemukulan kentongan. Dalam program Polisi RW Polres Bangkalan akan menerjunkan 430 personel di 274 desa dan 7 kelurahan dengan total 1.433 RW/dusun se Kabupaten Bangkalan. (edi/shb)