Tuntaskan Pembangunan Centra IKM Pemerintah Kucurkan Dana Rp 36 Milyar

centra IKM

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Pemerintah pusat menggelontorkan dana Rp 36 Milyar untuk kelanjutan pembangunan Centra Industri Kecil Menengah (IKM) yang dibangun di desa Baengas kecamatan Labang kabupaten Bangkalan, dengan kucuran dana tersebut tahun 2023 Centra IKM sudah dimanfaatkan. “Insya Allah pembangunan Centra IKM tahun ini tuntas dan tahun 2023 sudah bisa  dimanfaatkan, ” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja kabupaten Bangkalan, Salman Hidayat melalui Kabid Industri Non Agro, Qorry Yuniastuti, Selasa (28/06/2022).

Dikatakan dia, anggaran Rp 36 Miilyar dari DAK IKM itu akan dibangun sesuai dengan DID Kajian Kementrian  Perindustrian pada tahun 2016. “Kita akan melanjutkan pembangunan sesuai kajian DID Kementrian Perindustrian, ” jelas Qory sapaan akrabnya Kabid Industri Non Agro Disperin Naker Bangkalan ini.

Dijelaskan Qory, saat untuk menajemen kontruksi  dan Perencanaan sudah dilaksankan, sementara untuk pengerjaan proyek fisiknya masih dalam proses lelang. “Jadi rencana pembangunan fisik pada tahun 2022 ini masih dalam proses lelang,” terangnya.

Sesuai DID  kajian kementrian perindustrian tahun 2016 kata Qory, dana DAK IKM sebesar Rp 36 Milyar itu direncanakan untuk pembangunan pagar keliling, pagar depan,
gedung produksi, gedung kreatif 1 gedung kreatif 2, gedung kreatif 3, kantin dan drainase.  “Anggaran yang dilelang Rp 34,8 M untuk kelanjutan pembangunan Centra IKM, ” tuturnya.

Ditambahkan Qory pada tahun 2021 lalu, centra IKM mendapatkan anggaran Rp 17 Milyar 300 juta. “Tahun 2021 lalu kita bangun 1 Gedung  untuk common Fasility,
ruang pamer dan ruang administrasi serta  1 gedung produksi, ” katanya.

Kabid Industri Nin Agro optimis pabnhunan Centra IKM tahun ini selesai. *Insya Allah tuntas.dan pembangunan Centra IKM itu harus dituntaskan sekarang, sehingga tahun 2023 bisa dimanfaatkan, ” pungkasnya. (min/shb)