HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Untuk Dapatkan Ijasah, Seorang Kakek Harus Berjibaku Dengan Soal-Soal Ujian Nasional Kejar Paket C

Ridwan saat menyelesaikan soal-soal ujian kejar paket C

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Umur yang sudah tua bukan halangan bagi Ridwan (60) untuk tetap semangat mengikuti ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) kejar Paket C  di SMPN-1 Socah kecamatan Socah kabupaten Bangkalan. Ridwan merupakan salah seorang peserta UNKP di Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pustaka Keleyen Socah. “Saya bekerja di pabrik, karena dimitai ijasah, ya saya terpaksa ikut Ujian Kejar Paket C ini,” kata Ridwan

Dikatakan Ridwan, dirinya tidak merasa malu, meskipun teman-temannya yang ikut ujian kejar paket C banyak yang lebih muda dari dirinya.”Untuk apa malu, yang prenting nanti saya lulus dan dapat ijasah kejar paket C setara dengan SMA,” terangnya.

Pembina PKBM Pustaka Keleyen Socah,  Hariyadi mengatakan, selain Ridwan yang umurnya sudah kepala 6 ini, dari 74 orang peserta juga ada peserta ujian kejar paket yang masih muda. “Jadi latar belakang peserta ujian kejar paket ini dari berbagai kalangan, ada yang buruh pabrik ada yang juga sekolah SMA tapi drop out,” kata Hariyadi.

Para peserta ujian kejar paket C  seperti Ridwan, Mariyana PKBM Ki Hajar Dewantara Pendabah kecamatan Kamal dan Yeni Nur Aini warga belajar di PKBM Keleyan kecamatan Socah juga membawa anaknya ke dalam kelas, mendapat perhatian dari Sekrteris Balitbang Kemenkbud RI Dandang Sudiyarto yang tengah melakukan Monitoring. Dan. Evaluasi (Monev) pelaksanaan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) dikabupaten Bangkalan.yang pada saat itu didampingi oleh Kabid pembinaan PAUD dan PNF, Disdik kabupaten Jupri Kora (hib/shb)