HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Verifikasi Faktual Parpol Tuntas

Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Jakfar

Bangkalan,maduranewsmedia.com– KPU Bangkalan menyerahkan hasil perbaikan verifikasi ke 11 partai politik, hasil perbaikan verifikasi parpol yang diserahkan tersebut tidak ada masalah. “Dari 14 parpol yang menyerahkan berkas ke kami, 11 parpol harus dilakukan perbaikan, sementara 3 parpol tidak perlu perbaikan,” kata Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Jakfar, Rabu (13/12/2017).

Dikatakan Fauzan, ke-3 parpol yang tidak perlu dilakukan perbaikan itu adalah Partai golkar, Perindo dan PSI. “Ke-3 parpol itu sudah mencukupi jumlah minimal pada saat penyerahan berkas tahap pertama, dan pada saat itu kita sudah melakukan penelitian administrasi dan verifikasi faktual terhadap keanggotaan yang ganda,” jelasnya.

Dijelaskan Fauzan, dari hasil penelitian administrasi dan verifikasi tersebut, ternyata ke-3 parpol tersebut dinyatakan lengkap dan tidak perlu untuk perbaikan. “Jadi hanya tiga Parpol itu yang dinyatakan tidak perlu perbaikan, sementara 11 parpol lainnya harus dilakukan perbaikan, dan kemarin hasil perbaikannya sudah kita serahkan,” terangnya.

Hasil perbaikan ke 11 parpol yang telah diserahkan itu kata Fauzan, ke 11 parpol tidak ada masalah dan hasil perbaikannya bagus. “Alahmdulillah hasi perbaikannya tidak ada masalah dan tidak ada perbaikan lagi,” katanya.

Namun kata Fauzan, setelah melakukan verifikasi faktual ini, ada verifikasi faktual laiinya iatu berupa verifikasi kantor, kepengurusan dan keanggotraan. “Ya kalau nanti pada saat verifikasi  ada parpol yang tidak memenuhi persyaratan, berarti parpol tersebut tidak lolos di kabupaten Bangkalan,” tuturnya.

Ditambahkan Fauzan, parpol yang dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu 2019 akan diumumkan nanti pada bulan Januari 2018. “Pengumumannya partai apa saja yang tidak lolos nanti antar abulan januri hingga Pebruari 2018,” pungkasnya. (hib/shb)