Wakil Bupati Bangkalan Mohni Buka Acara Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan Desa

Wakil Bupati Bangkalan, Moh Mohni

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Wakil Bupati Bangkalan, Drs Moh Mohni membuka kegiatan workshop evaluasi pengelolaan keuangan desa dan pembangunan desa  di kabupaten Bangkalan, “Sejak tahun 2015 kita sudah menerima dana desa dari pemerintah pusat, dana desa itu langsung di transfer ke rekening kas desa yang digunakan untuk pembangunan desa, “kata Mohni sapaan akrabnya Wakil Bupati Bangkalan di sela-sela workshop evaluasi pengelolaan Keuangan desa di pendopo Pratanu,Kamis (08/12/2022).

Dikatakan Mohni, Pengelolaan keuangan desa  meliputi perencanaan keuangan desa di setiap kecamatan, “Berdasarkan pertimbangan indikator diantaranya luas wilayah dan jumlah penduduk miskin dan kesulitan geografis desa, pengelolaan kualitas adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penataan pelaporan dan pertangungjawaban keuangan desa, ” jelasnya.

Oleh sebab itu kata Mohni, dana desa pada setiap tahunya harus disahkan oleh kepala desa, “Pengelolaan keuangan desa tercantum di dalam anggaran pendapatan belanja desa atau APBDes,disetiap tahunnya yang di sahkan oleh kepala desa dengan disepakati BPD dalam dokumen APBDes, ” terangnya.

Dijelaskan Mohni,  penggunaan dana desa diatur dalam peraturan menteri desa dan Trasmigrasi No 21 tahun 2022. ,”Hal itu sesuai amanat menteri dalam negeri 114 tahun 2014 tentang pedoman pembagunan desa, dan pembangunan menteri desa untuk daerah yang tertinggal atau Trasmigrasi nomor 21 tahun 2020, semua dana harus di alokasikan untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat, “tuturnya.

Wakil bupati Bangkalan mengharapkan dengan adanya workshop itu bermanfaat bagi peserta.  “Workshop ini merupakan interaksi antara berbagai pihak terkait berbagai regulasi dan permasalahan yang ada serta sebagai evaluasi dan perbaikan terhadap tata kelola keuangan desa masing-masing di kabupaten bangkalan. Semoga acara ini bermanfaat bagi yang hadir dan berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat,” katanya.

Hadir dalam acara workshop itu antara lain : Anggota Komisi XI DPR RI, R. Imron Amin, S.H,  M.H,  Direktur Perencanaan Tehnis Pengembangan Ekonomi dan Investasi Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes PDTT,  Aditya Warman, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Prov. Jatim, Alexander Rubi Setio Adi, S.E, M.E, C.Fe, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil DJPB Jatim, Basuki Rahmat,  Kepala OPD terkait dan Camat dan Kepala Desa Se Kabupaten Bangkalan (edi/shb).