HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Yayasan Bani Amrini Buka Posyandu OGDJ Puluhan Orang Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Jiwa Gratis

Pengelola program kesehatan Jiwa, Zainul (pakai baj putih) saat di posyandu OGDJ

Bangkalan,maduranewsmedia.com Y,ayasan Bani Amrini di desa Batangan kecamatan Tanah Merah kabupaten Bangkalan membuka  Posyandu  Orang Dalam Gangguan Jiwa  (ODGJ). Ada 40 orang yang datang ke  Posyandu tersebut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jiwa secara cuma cuma alias gratis. “Kegiatan Posyandu OGDJ ini  sudah 2 tahun kita lakukan, ” kata Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan, H Sudiyo, .M.Kes melalui pengelola Program Kesehatan Jiwa  Zainul   di Posyandu ODGJ di Desa Batangan Rabu (10/08/2022).

Dikatakan dia, sebelum membuka posyandu ODGJ ini, pihaknya melakukan perekrutan kader desa untuk menangani masalah kesehatan jiwa. “,Kita sudah melatih  teman-teman kader di desa biar jika diperlukan bisa menangani, kemudian kita backup dari belakang, ” jelas Zainul.

Dijelaskan Zainul, kegiatan posyandu ODGJ ini di dukung oleh  puskesmas terdekat dan juga kader ODGJ dalam melayani pasien gangguan jiwa serta difasilitasi oleh kepala Desa Batangan. “Karena keterbatasan anggaran, maka kedepan bagi masyarakat yang mau membantu silahkan datang langsung ke Posyandu OGDJ,” jelas Zainul.

Ditambahkan Zainul, untuk saat ini jumlah Posyandu OGDJ di kabupaten Bangkalan masih ada 2. 1 Posyandu OGDJ  di kecamatan Kokop dan di Desa Batangan ini. “Posyandu OGDJ ini  agenda dari desa dan  kita cuma mengarahkan saja, apalagi semua pembiayaan pengadaan posyandu OGDJ ini dari kepala desa, ” terangnya.

Pengelola program kesehatan jiwa  Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan ini mengharapkan Posyandu OGDJ di kabupaten Bangkalan jumlahnya terus bertambah. “Harapan kami ke depan  posyandu OGDJ ini tidak cukup hanya di 2 desa akan tetapi di 22 puskesmas  yang ada di 18 kecamatan itu minimal 1 posyandu OGDJ, ” tuturnya.

Sementara itu, Anggota keluarga pasien Yayasan Bani Amrini,Slamet mengatakan, dirinya cukup terbantu dengan adanya Posyandu OGDJ di  Yayasan Bani Amrini ini.  “Alhamdulilah berkat adanya yayasan Bani amrini untuk pasien gangguan jiwa kakak saya bisa kembali normal,” katanya.

Sedangkan dokter  jiwa rumah sakit UNAIR Surabaya, izza mengatakan, Yayasan Bani amrini ini adalah tempat perawatan para orang gangguan jiwa atau ODGJ. “Semoga kegiatan kali ini akan terus berjalan, dan untuk fasilitas yang ada di Yayasan ini kami nyatakan layak untuk ditempati pasien OGDJ dan Yayasan seperti ini sangatlah dibutuhkan masyarakat yang memiliki kerabat atau sanak famili yang mengalami gangguan jiwa biar tidak jauh-jauh berobat  ke Surabaya atau keluar kota, ” pungkasnya. (edi/shb).