541 Lembaga PAUD Di Bangkalan Bakal Dapat Bantuan Operasional

Kabid Dikluseniraga Disdik bangkalan Sumriyah saat melakukan sosialisasi di UPT Disdik kota Bangkalan
Kabid Dikluseniraga Disdik bangkalan Sumriyah saat melakukan sosialisasi di UPT Disdik kota Bangkalan

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan akan memberikan bantuan operasional kepada 541 lembaga pendidikan Anak Usia dini di kabupaten Bangkalan. “Sekarang kita masih tengah melakukan sosialisasi bantuan operasional PAUD ini ke kecamatan-kecamatan,” kata Kabid Dikluseniraga Disdik Bangkalan, Siti Sumriyah, Kamis (25/08/2016).

Dikatakan dia, sebelum bantuan tersebut dicairkan, diperlukan sosialisasi tentang pemanfaatan Bantuan operasional PAUD itu kepada lembaga PAUD yang akan menerima bantuan tersebut. “Jadi lembaga PAUD calon penerima bantuan ini harus paham betul  pemanfaatannya dana ini, sebab penggunaanya BOP ini harus sesuai dengan Permendiknas No 2 tahun 2016 tentang petunjuk tehnis BOP. Permendiknas ini yang tengah kami sosialisasikan saat ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Sumriyah menjelaskan, lembaga PAUD yang bakal menerima bantuan ini, adalah lembaga pendidikan PAUD yang telah memenuhi persyaratan dan sudah ter-online di data pokok pendidikan (Dapodik) dan lembaga itu telah Ber-NPSN. “Jadai ketentuan lembaga PAUD yang akan menerima bantuan ini aturannya sudah jelas,” terangnya.

Jadi kata Sumriyah bantuan ini bukan diberikan kepada siswa, akan tetapi diberikan kepada lembaga. “Bantuan Operasional PAUD ini adalah bantuan dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui pemkab Bangkalan, dan di kabupaten bangkalan ada sebanyak 541 lembaga PAUD yang akan menerima bantuan ini,” tuturnya.

Untuk menghindari terjadinya penyelewengan dan tidak tepat sasaran lanjut Sumriyah, maka bantuan operasional PAUD ini akan diberikan melalui rekening ke lembaga PAUD penerima bantuan. (hib/shb)