Bersihkan Sungai Bangkalan, Dinas PUPR Terjunkan Puluhan Tenaga Non PNS

Sungai bangkalan yang sudah dibersihkan
sungai bangkalan yang sudah dibersihkan

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Bangkalan menerjukan puluhan tenaga non PNS untuk membersihkan dan menpercantik sungai dan anak sungai di kabuaten Bangkalan.Untuk membersihan sungai itu kita menerjukan 35 orang tenaga non PNS,” kata Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR kabupaten Bangkalan, Guntur Setiadi, ST, Ahad (1207/2020)

Dijelaskan dia, sebenarnya sungai yang ada di kabupaten ini merupakan kwenangan Bidang Pengairan PUPR Propinsi Jawa Timur. “Kita hanya operasi dan pemeliharaan (OP)-nya saja, untuk yang lainnya kewenangan propinsi,” jelas Guntur sapaan akrabnya Kabid SDA Dinas PUPR Bangkalan ini.

Dijelaskan Guntur, jumlah sungai dan anak sungai yang ada di kabupaten bangaklan sekitar 110 lebih, dan sungai-sungai tersebut dibersihkan setiap bulan.. “Jadi dalam satu tahun untuk membersihkan sungai dan anak sungai ini ada agendanya dan sudah terjadwal,” terangnya.  

Ditambahkan dia, untuk yang dilakukan pembersihan saat ini ada sungai bangkalan atau kali bangkalan sepanjang 6,25 KM. “Panjang sungai 6,25 KM ini termasu sungai dan anak sungai yang ada di dalam kota bangkalan,” tuturnya.

Agar sungai dan anak sungai Bangkalan tetap, Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR kabupaten Bangkalan mengharapkan partisipasi dari masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan sungai. “Kami harap masyarakat yang tinggal di sekitar sungai tidak membuang sampai ke sungai, agar sungai tetap bersih,” pungkasnya. (hib/shb)