Cuaca Ekstrim, BPBD Minta Masyarakat Bangkalan Waspada

Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Morris

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Dalam cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini, Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten bangkalan meminta agar masyrakat selalu waspada, apalagi di sejumlah daerah di kabupaten bangkalan telah terjadi bencana seperti bencana banjir di kecamatan Blega bencana longsong di kecamatan Kokop .saat ini BPBD bangkalan telah menetapkan status   siaga darurat banjir,  angin puting beliung dan tanah longsor. “Status siaga ini sudah kita tetapkan sejak bulan Januari lalu,” kata Kepala BPBD bangkalan, Rizal Morris, Sabtu (11/2/2017).

Dikatakan dia, setelah status siaga darurat ini, nantinya dilanjutkan dengan status daryrat bencana. Sebab di kabupaten bangkalan ada beberapa daerah yang memang rawan bencana angin puting beliung, longsor dan bencana banjir. “Di bangkalan ini ada sejumlah daerah yang potensi bencana banjir dan tanah longsor,” jelasnya.

Lebih lanjut Rizal Morris menjelaskan, selama cuaca ektrim ini, pihakanya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada. “Kami menghimbau masyarakat tetap selalu waspada dengan bencana, baik itu bencana angin puting beliung, tanah longsor dan bencana banjir,” terangnya.

Dan apabila terjadi bencana kata Rizal, maka diharapkan masyrakat segera melapor. “Ya kalau terjadi bencana sekecil apapun kita diberi informasi agar secepatnya kami tangani,” tuturnya.

Memang kata Rizal Morris, saat ini dikabupaten bangkalan belum ada kejadian yang luar biasa, namun meskipun demikian pihaknya tetap selalu meng update, informasi masalah cuaca dari badan Metteorologi Klimatologi dan Geofisika.”Kita update terus informasi itu, makanya dalam situasi siaga darurat ini kami di kantor BPBD membuka Posko siaga darurat,” pungkasnya. (hib/shb).

iklan 100x100