Hindari Masyarakat Buang sampah Ke Pantai, UTM Bakal Jadikan Pantai Kamal Sebagai Halaman

Mahasiswa Fakultas Ekonomi UTM saat bakti sosial

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Desa Kamal yang merupakan Desa Laboratorium Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura (UTM) memiliki agenda besar yaitu akan menjadikan pantai sebagai halaman. “Dalam memperinagati hari Bumi ini kita mempunyai agenda besar, bakti sosial bersih-bersih pantai ini hanya momentum saja,” kata Ketua jurusan Fakultas Ekonomi UTM, DR Sutikno disela-sela acara bakti sosial bersih-bersih pantai Dermaga Timur Kamal dalam rangka memperinagti hari Bumi, Senin (22/04/2019).

Dikatakan Sutikno, agenda besar Fakultas Ekonomi didalam memperinagti hari  bumi ini adalah akan menjadikan lantai sebagai halaman, bukan sebagai halaman belakang. “Pesan kepada masyarakat dan tokoh di desa Kamal ini, kita ingin menjadikan pantai sebagai halaman kita,, selama ini pantai dijadikan halaman belakang kita, sehingga sampah  dibuang ke belakang. tapi kalau pantai dijadikan halaman kita, tidak mungkin kita membuang  sampah ke halaman. Itu pesan besar  yang ingin kita sampaikan,” jelasa Sutikno.

Kebetulan kata Sutikno,  desa Kamal ini menjadi desa laboratorium, bahwa setiap kelas ada satu desa yang harus dibina selama 4 tahun dan kebetulan desa Kamal ini dijadikan  laboratorium Fakultas Ekonomi. “Kenapa kita kerahkan banyak mahasiswa, agar masyarakat Kamal  peduli, karena gerakan kita adalah menjadikan pantai sebagai halaman,” tuturnya.

Dalam memperinagati hari humi ini kata Sutikno, pihaknya  sebagai civitas akademi  Universitas Trunojoyo Madura, khusunya Fakultas ekonomi, turut memperinagtinya. “Karena kedepan bukan hanya ekonomi yang harus kita kejar, seperti agenda devlomen ,harus keberlangsungan ekonomi, keberlangsungan sosial, dan keberlangsungan lingkungan,  ini dalam rangka mengajari mahasiswa  pembangunan kedepan bukan hanya ekonomi saja, tapi juga lingkungan yang berkelanjutan,” katanya.

Sementara itu Kades Kamal, Sulistiyono mengharapkan dengan adanya desa Kamal yang dijadikan sebagai laboratorium UTM, agar supaya desa Kamal dijadikan sebagai desa Percontohan. “Kedepan desa Kamal bisa dijadikan desa percontohan dan di jadikan desa pariwisata,  sehingga dapat mengurangi beban ekonomi masyrakat Kamal yang saat ini sedang mati suri,” pungkasnya. (hib/shb)