Karena Pandemi Virus Corona (Covid-19) Bakesbangpol Bangkalan Absen Gelar Kegiatan Wawasan Kebangsaan

Kabid Integrasi bangsa, Bakesbangpol Bangkalan, Mohammad Komari

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk menguatkan ideologi bangsa, sejak tahun 2017 hingga tahun 2019, Bakesbagngpol Bangkalan selalu aktif melakukan kegiatan  sosialisasi wawasan kebangsaan di 18 kecamatan, namun pada tahun 2020 ini, karena pandemi virus Corona (Covid-19) Bakesbangpol absen melakukan kegiatan tersebut. “Tahun 2020 ini, semua anggaran dikonsentrasikan untuk penanganan virus Corona (Covid-19), sehingga tidak ada anggarannya untuk kegiatan ini,” kata Kepala Bakesbangpol Bangkalan, Bambang Setyawan melalui Kabid Integrasi Bangsa, Mohammad Komari, Jum,at (03/07/2020)

Dikatakan dia, sejak tahun 2017, 2018 dan 2019, pihaknya aktif melakukan kegiatan wawasan kebangsaan. “Karena didukung anggaran pada tahun-tahun itu sehingga bidang ideologi bangsa bisa melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan di 18 kecamatan,” jelas Komari sapaan akrabnya Kabid Integrasi Bangsa Bakesbangpol Bangkalan ini.

Dijelaskan Komari, dampak dari kegiatan wawasan kebangsaan sangat terasa sekali di masyarakat. “Masyarakat jadi teringat kembal dengan Pancasila. Dengan kegiatan ini  pancasila yang lama tidak terdengar kembali terdengar, sehingga banyak permintaan tokoh dari kecamatan dan menanyakan kapan sosialisasi wawasan kebangsaan dilaksanakan lagi,” terangnya.

Sebab kata Komari, dengan tidak dilaksanakan kegiatan  sosialisasi wawasan kebangsaan ini pemahaman masyarakat terhadap pancasila redup lagi. “Terbukti pada kegiatan tahun tahun sebelumnya, masih ada masyarakat dan ASN ketika di tes secara acak, masih banyak yang belum bisa membaca pancasila dengan baik dan benar bahkan ada yang tidak hafal,” tuturnya.

Kabid Integrasi Bangsa Bakesbangpol Bangkalan ini mengharapkan, kegiatan wawasan kebangsaan tetap dilaksanakan. “Harapan kami kegiatan ini akan terus berlanjut untuk menguatkan ideologi bangsa,” pungkasnya. (hib/shb)