Mengedukasi Masyarakat Agar Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan, Polres Bangkalan Canangkan Mobil Patroli Tangguh Covid-19

Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra saat mencoba kran air yang ada di Mobil Tangguh Covid-19

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Jumlah masyarakat yang positif terpapar virus Corona (Covid-19) di kabupaten Bangkalan terus meningkat, Polres Bangkalan menyulap mobil Starada yang selama ini digunakan sebagai mobil Patroli untuk menjaga situasi kamtibmas disulap menjadi mobil Patroli tangguh Covid-19. “Sesuai perintah dari bapak Kapolda Jatim, kita wajib mengerahkan seluruh sumber daya yang kita miliki  dalam rangka penanganan Covid-19, membuat mobil patroli tangguh covid-19 ini salah satu ikhtiyar kami,” kata Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra disela-sela acara pencanangan mobil Patroli Tangguh Covid-19 di Mapolres Bangkalan, Senin (06/07/2020).

Dikatakan dia, fungsi dari mobil patroli tangguh Covid-19 ini untuk mengedukasi masyarakat didalam mematuhi protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai Covid-19. “Dalam mobl tangguh Covid-19 ini kita sudah menyiapkan sarana prasarana untuk warga agar senantiasa disiplin protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan, menggunakan masker, kita juga juga siapkan masker untuk dibagikan secara gratis  dan himbauan melalui stiker stiker sudah kita siapkan dalam mobil Patroli tangguh Covid-19 ini,” jelas Rama sapaan akrabnya Kapolres Bangkalan ini,

Dijelaskan Rama, mobil patroli tangguh Covid-19 ini nantinya akan menyasar titik-titik yang menjadi kerumunan masyarakat  seperti di pasar, tempat wisata, masjid dan Mall. ”Mobil patroli tangguh ini kita lengkapan dengan penyemprotan disinfektan, terhadap titik titik yang sekiranya perlu dilakukan penyemprotan sudah kita siapkan alat semprot panggul, dan juga kepada warga untuk strerilisasi, sudah kita siapkan antiseptic-nya di mobil itu,” terangnya.

Untuk sementara kata Rama, polres bangkalan baru menyiapkan mobil patroli tangguh untuk 5 kecamatan yang jumlah pasien Covid-19 tinggi antara lain Sukolilo, Socah, Kamal, Arosbaya dan Burneh. “Untuk sementara yang kita launching baru 5 mobil sambil menyusul, mobil ini sifatnya tidak tetap, tapi sementara bisa dibongkar pasang dengan mudah, pagi misalnya ngepos di pasar pasar  mobil ini bisa dimanfaatkan untuk pencegahan Covid-19, ketika  pasar sudah sepi bisa bongkar untuk melanjutkan patroli-patroli terkait menjaga kamtibmas di bangkalan agar tetap kondisif,” tuturnya..

Dengan dicanangkannya mobil patroli tangguh covid-19 ini lanjut Rama, diharapkan  kabupaten Bangkalan yang saat berada di zona orange atau resiko sedang, bisa ke zona kuning kemudian jadi zona hijau.”Sekali lagi ini ikhtiyar kami TNI-Polri, semoga bangkalan turun dari zona kuning menjadi zona hijau,” pungkasnya. (hib/shb)