HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Naskah Soal UN Di Pamekasan Tertukar

Suasan pendistribusian soal di Polres pamekasan
Suasan pendistribusian soal di Polres pamekasan

Pamekasan,maduranewsmedia.com– Naskah Soal Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Matematika untuk SMA Negeri 3 Pamekasan, kurang atau tertukar sehingga proses pendistribusian masih menunggu naskah soal pengganti dari Disdik Provinsi.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Moh. Tarsun, mengatakan, kesalahan nasakh soal tersebut diketahui pada saat Disdik Pamekasan melakukan pendistribusian soal UN ke polsek polsek dari Gudang Mapolres Pamekasan. Sabtu (2/4/2016).

”Setelah kami mengkroscek lagi nasakah UN yang di dalam kardus tulisan tidak sesuai dengan tulisan di luar yakni Matematika IPS tapi setelah dicek di sampulnya ternyata isinya naskah soal UN Matematika dan IPA,” terang Tarsun.

Dikatakan Tarsun, kesalahan tersebut murni bukan dari pihak Disdik Pamekasan, akan tetapi  kesalahan itu dari percetakan. diduga kesalahan itu pada saat melakukan pengepakan.

Namun masalah tetukarnya naskah soal UN tersebut, pihaknya sudah melaporkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. “Kemungkinan nanti malam naskah soal UN yang tertukar itu sampai di Mapolres Pamekasan,” kata Tarsun

Sementara itu, peserta ujian Nasional di kabupaten Pamekasan di tahun 2016 untuk tingkat SMA sederajat sebanyak 12.207 orang dengan jumlah sekolah penyelenggara UN sebanyak 49 berbasi kertas dan 5  UNBK. Total sekolah di Pamekasan sebanyak 214 yang terdiri dari 7 Sub Rayon. (rhm/shb)