Peringati HPN Ke 73, Wartatama Tangkal Berita Hoax, Bersama Polres, KPU Dan Panwaskab Bareng-Bareng Bagikan Stiker

Ketua KPU Bangkalan saat menempelkan stiker tangkal berita hoax

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Wartawan Utama (Wartatama) kabupaten Bangkalan dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke 73 dengan menyebarkan 2 ribu stiker yang betuliskan “Jangan Rusak Pilkada Bangkalan dengan berita Hoax. Dalam kegiatan tersebut Wartatama mengajak Kapolres Bangkalan, AKBP Anissulah M Ridha, Ketua KPU Bangkalan, Fuazan Jakfar dan Ketua Panwaslu kabupaten Bangkalan, Achmad Mustain Saleh. Pembagian Stiker itu dilakukan di Persimpangan jalan HOS Cokroaminoto. Jum,at (9/2/2018).

Kapolres Bangkalan, AKBP Anissulah M Ridha sangat mengaperisiasi kegiatan HPN Yang digelar Wartatama ini. “Terkait kegiatan HPN dengan mengkapanyekan berita hoax, kepada masyrakat terutama kepada pemilih pemula ini sangat bagus untuk mengedukasi menjelang pilkada,” kata Anis panggilan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.

Sebab kata dia, menjelang pelaksanaan pilkada, biasanya banyak berita-berita hoax. “Menjelang pilkada seperti ini banyak berita hoax, makanya harus bisa memfilter berita yang mendidiklah yang bisa ditampung, sebagai bagimanapun pemilih pemula merupakan bagian sistem dari pemilihan saat ini,” terangnya..

Ketua Panwaskab Bnagkalan, Achmad Mustain Saleh, mengatakan, berita hoax ini bisa dikatagorikan kampoyen hitam, dan memang diatur dalam UU pemilu

kada. “Berita hoax ini bisa diproses hukum pidana dan juga bisa jadi pembatalan bakal calon, penyebar berita hoax bisa diprpses pidana umum, jadi dengan momentum HPN ini mari stop berita hoax, sebab berita hoax ini sangat tidak mendidik dan meresahkan masyarakat,” jelas Mustain

Sedangkan Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Jakfar meminta kepada insanm pers agar membuat berita berita yang menyejukkan pada momen politik ini. “Berita berita itu yang menyejukan,berita yang memberi semagat kepada masyaratakat untuk datang ke TPS, sebab adanya pemberitaan yang menyejukan  kalau dilakukan dengan masif bisa meminimalisir berita hoax,” tuturnya.

Selain itu kata Fauzan, Insan pers bangkalan yang tergabung dalam wartatama bisa melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pilkada bangkalan. “Teman-teman media, bisa mengawasi tahapan pemilikada agar bisa berjalan dengan baik dan sesuai aturan main, penyelenggara KPU dan panwas harus berjalan di riilnya,” terangnya.

Sementara itu Ketua wartatama bangkalan, Doni Heryanto, mengharapkan pada peringatan hari pers Nasional, wartawan yang tergabung dalam wartatama bisa menghasilkan produk jurnalistik yang mendidikan dan mencerdaskan. “Pers bisa mengkonter berita hoax, dan berita yang tidak bisa dipertangung jawabkan, tugas kita sebagai jurnalis harus menyajikan pemberitaan yang edukatif dan tidak provokatif,” pungkasnya. (hib/shb)

iklan 100x100