Perserta KKN UTM Kelompok 04, Beri Pelatihan, Pendampingan Manajemen Dan Keuangan BUMDes

Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN 04, Faidal, SE., MM saat memberikan materi

Pamekasan, maduranewsmedia.com– Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 04 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, memberikan pelatihan dan pendampingan manajemen dan keuangan BUMDes. Acara tersebut ditempatkan di balai Desa Murtajih..

Pemateri yang juga Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN 04, Faidal, SE., MM mengatakan, dengan adanya pelatihan dan pendampingan Manajemen dan keuangan BUMDes ini diharapkan BUMDes Murtajih yang sudah terbentuk dapat menjalankan unit usaha yang sudah ada, yaitu Usaha Pertokoan, Kolam Ikan, Agrowisata, Lahan kerapan sapi dan kambing.

“Bisa di identifikasi kembali melalui bisnis model Canvas, sehingga keberadaan unit usaha yang sudah ada menjadi Pendapatan Asli Desa  (PADes) yang dapat mensejahterakan masyarakat setempat,” kata Faidal saat menjadi Pemateri dalam acara Pelatihan dan pendampingan Manajemen dan Keuangan BUMDes Di Balai desa Murtajih,. Kamis (11/7/2019).

Dikatakan dia, untuk menjadi BUMDes yang baik perlu adanya cek evaluasi kepada aspek kelembagaan, potensi, peluang, SDM, dan.manajemen.“Dengan adanya KKN ini khususnya dalam pendampingan BUMDes ini diharapkan dapat membantu masyarakat desa untuk terus mengembangkannya kedepan,” terang Faidal

Pemateri  Moh Asyim  mengharapkan BUMDes tidak.hanya sekedar ada penyertaan modal dari DD atau ADD. “Akan tapi perlu dipikirkan kedepan nya harus menjadi sumber PADes dengan melakukan pencatatan keuangan dan laporan keuangan sebagai bentuk pertanggung jawaban terhadap pengelolaan unit usaha itu dengan harapan juga desa menjadi mandiri,” kata Moh Asyim

Sementara itu, Sekdes Murtajih Moh Djasuli sangat bersykur Desa nya ditempati KKN Mahasiswa UTM. dengan KKN Tematiknya khususnya bidang Pariwisata, ekonomi kreatif yang akan menjadi potensi yang akan dikelola oleh BUMDes. “Alhamdulilah semoga dengan adanya pelatihan manajemen dan keuangan BUMDes ini, SDM Desa Murtajih dapat menjalankan dan mengelola BUMDes dengan baik dan terus berkembang,” kata  Djasuli.

Acara Pelatihan dan penadampingan Manajemen dan Keuangan BUMDes  dihadiri oleh empat Dinas terkait yaitu dari Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa dan Pendamping BUMDes Kabupaten Pamekasan, Sekretaris dinas pariwisata, sekretatis dinas perikanan dan bidang UMKM dinas koperasi dan UMKM. (hib/shb).