Sambut Program Gerbangketosusilo, Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan Akan Lakukan Pemetaan Peternak

Kepala dinas peternakan Kabupaten Bangkalan, Ahmat Hafid

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Dalam menyambut program Gerbangkertosusila Dinas Peternakan kabupaten bangkalan  akan melakukan pemetaan peternak yang tersebar di kabupaten Bangkalan. “Pendataan ini dalam rangka menyambut program Gerbangkertosusila,” kata  Kepala Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan, Ahmat Hafid, Senin (10/02/2020)

Dikatakan dia, Pemetaan dan pendataan ini dilakukan untuk mengetahui jumlah peternak yang ada di Kabupaten Bangkalan. “Pemetaan dan pendataan peternak ini agar supaya diketahui jumlah peternak yang ada di Bangkalan, selain itu, kami masih belum punya data peternak rakyat. Oleh sebab  itu  pada tahun ini kami akan mulai merencanakan pemetaan dan pendataan peternak,” ujar Hafid sapaan akrab kadisnak Bangkalan ini.

Selain itu kata Hafid, pendataan dan pemetaan para peternak ini perlu dilakukan untuk mengetahui jumlah peternak.  “Kami juga akan mendata peternak bebek karena Bangkalan juga terkenal dengan kuliner bebeknya, maka dari itu kami akan mempersiapkan database peternak agar kami lebih mudah mendapatkan data-data peternak dan juga memudahkan para pengusaha makanan untuk mendapatkan bebek,” imbuhnya

Saat ini kata Hafid, ada ratusan kelompok peternak yang ada di kabupaten Bangkalan.  “Ada kurang lebih 300 kelompok peternak. Akan tetapi untuk sementara ini kelompok ternak yang aktif sekitar 100 kelompok. Dan untuk saat ini ada 30 kelompok ternak yang yang dibina secara langsung oleh dinas Peternakan,” tuturnya

Ditambahkan Hafid, untuk persiapan database peternak ini, pihaknya berencana akan membuka pelayanan di Mall Pelayanan Publik (MPP).  “Rencananya kami akan membuka pelayanan di MPP, sebab para peternak akan lebih mudah mencari informasi seputar peternakan dan juga memudahkan para peternak dalam mendaftarkan dan mengurus izin usaha ternaknya,” pungkas Hafid. (ver/shb)