HEADLINEPENDIDIKANTERKINI

Hari Terakhir MPLS SMP Di Bangkalan Sekolah Berharap Peserta Didik Baru  Berprestasi  Dari Nama Gugus

Peserta MPLS UPTD SMPN 1 Bangkalan saat mengikuti senam Gembira

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP di kabupaten Bangkalan memasuki hari terakhir. Selama 3 hari masa pelaksanaan MPLS banyak hal yang dilakukan sekolah mulai dari pemberian materi dalam ruangan sampai kepada pemberian nama gugus kepada peserta MPLS. Dalam pemberian nama Gugus ini setiap sekolah berbeda beda. Seperti di UPTD SMPN-1 Bangkalan misalnya. Sekolah ini memberi nama berlian kepada 9 gugus pada MPLS.

Kepala UPTD SMPN-1 Bangkalan, H Hermanto melalui Ketua panitia MPLS, Muhammad Zulkifli menjelaskan, pengambilan nama Berlian pada gugus MPLS SMPN-1 Bangkalan ini agar supaya peserta didik baru bisa berprestasi dan mempunyai nilai jual yang tinggi di masyarakat. “Kenapa kita ambil nama Berlian? Berlian ini kan bibit unggul, kita ingin mencetak anak anak berprestasi, sebab berlian di masyarakat memiliki nilai jual karena dan harganya mahal,” kata Zulkifli, Kamis (20/07/2023)

Ke-9 nama berlian yang dijadikan nama gugu 279 siswa baru peserta MPLS itu
antara lain:  Zamrud, Safir, Intan, Permata, Emerald, Gold, Silver, Ruby dan Delima.

Kalau di SMPN-1 Bangkalan memakai nama Berlian untuk nama gugus-nya, di SMPN-2 Bangkalan untuk nama gugus peserta MPLS memakai nama-nama pahlawan. “Kami memakai nama pahlawan untuk pembangkit semangat anak anak serta untuk menanamkan jiwa kepahlawanan kepada siswa, ” jelas Kepala UPTD SMPN-2 Bangkalan, Moh Syafii melalui Ketua panitia MPLS SMPN 2 Bangkalan Fatima.

Dikatakan dia, nama nama pahlawan yang dijadikan nama gugus pada peserta MPLS SMPN -2 Bangkalan  itu ada 10 nama sesuai dengan jumlah gugus. “Nama pahlawan itu Pangeran Diponegoro, RA Kartini, Cut Nyadien, Pattimura, Imam Bonjol, Dewi Sartika dan dr Soetomo, ” terang Fatima.

Sedangkan di UPTD SMPN -4 Bangkalan menggunakan angka untuk nama gugus  202 siswa peserta MPLS. “Ada 7 gugus
Nama Gugus kita ambil angka ya agar lebih mudah mengingatnya, ” tutur Kepala UPTD SMPN-4 Bangkalan, Taufiqurrahman

Ditambahkan Taufiqurraman, hari terakhir MPLS di SMPN 4 Bangkalan diisi dengan Olah raga gembira, parade ekstrakurikuler demonstrasi, Pramuka, PMR, menyanyi. Dan ditutup dengan upacara. “Peserta MPLS juga diberi materi Wiyata Mandala, pengenalan sekolah Manfaat dan dampak teknologi untuk menanamkan karakter anti bullying, ” katanya.

Di UPTD SMPN 5 Bangkalan, nama gugus diambil dari karakter. “Ada 170 siswa atau
6 Gugus dan nama gugus itu seperti berakhlak mulia,berkebhinekaan global, mandiri, gotong royong, benalar kritis dan kreatif, ” pungkas ketua panitia MPLS UPTD SMPN 5 Bangkalan, Aryani Suswindari. (min/shb)