Sambut Tahun Baru Islam, Siswa-Siswi Yayasan Ar-Raudlah Bikin Tumpeng Hias

ratusan tumpeng hias yang dibikin siswa-siswi yayasan Ar-Raudlah
ratusan tumpeng hias yang dibikin siswa-siswi yayasan Ar-Raudlah

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Ada banyak cara untuk menyambut datangnya tahun Baru Islam 1438 Hijriyah pada tanggal 1 bulan Muharram. Seperti yang dilakukan oleh  Yayasan pendidikan dan Sosial Ar-Raudlah desa Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan. Dalam rangka menyambut tahun baru 1438 H, siswa Yayasan tersebut mulai dari siswa Kelompok Belajar, (KB), Taman- Kanak-kanak (TK), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan siswa Madrasah Diniyah (Madin)  membuat tumpeng hias ”Ada sebanyak sebanyak 438 tumpeng, karena setiap siswa membawa satu tumpeng yang dihias,” kata Kasi Pendidikan Yayasan Ar-Raudlah, Abd Kowi, Sabtu (01/10/2016).

Dikatakan dia, tujuan pembuatan tumpeng hias oleh siswa dan siswi tersebut untuk mengenang peristiwa Hijrahnya nabi Muhammad SAW. “Siswa dan siswi  Ar-Raudlah ini biar selalu ingat dengan peristiwa Hijrahnya nabi, juga biar siswa tahu bahwa Agama Islam punya kalender sendiri dan ada pergantian tahun baru, biar siswa tidak hanya tahu pergantian tahu baru masehi saja,” jelas Kowi.

Lebih lanjut Abd Kowi menjelaskan, kegiatan pergantian tahun baru islam di yayasan Ar-Raudlah ini selalu ditunggu-tunggu  oleh masyarakat  desa  Langkap pada hususnya dan warga masyarakat desa  Burneh pada umumnya. “kalau pada peringatan tahun baru Islam tahun-tahun kemarin, ada pawai keliling dengan membawa lampion sambil membaca sholawat dan hadrah dan untuk tahun ini kita menekankan pada budaya rasol atau tumpeng, maksudnya  biar anak.didik kita tahu caranya membuat tumpeng,” terangnya.

Ditambahkan Abd Kowi, tumpeng hias yang dibawa siswa ini nantinya akan dinilai dan pemenangnya akan diberi hadiah bersamaan dengan acara pemberian santunan kepada 40 orang anak yatim yang akan diberikan pada tanggal 10 Muharram nanti. (hib/shb)