Target PBB Masih Minim, Dewan Desak Bapenda Lebih Bekerja Maksimal

ketua Komisi B DPRD Bangkalan, M Asis

Bangkalan,maduranewsmedia.com- targer realisasi penerimaan Pajak bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2017 masih sebesar 69,70 persen, padahal batas terakhgir dari pembayaran PBB ini pada tanggal 29 Desember 2017. Masih banyaknya kecamatan yang belum melunasi PBB itu, Ketua Komisi B DPRD Bangkalan, M Asis mendesak agar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kabupaten Bangkalan bekerja lebih maksimal. “Kita mendesak sampai akhir bulan nanti target PBB harus tercapai, kalau tidak tercapai kita akan panggil OPD terkait dan akan kita tanyakan apa kendalanya,” kata M.Asis, Kamis (7/12/2017)

Dikatakan Politisi partai Demokrat ini, jika Bapenda bekerja dengan maksimal, maka pada akhir tahun anggaran ini PBB akan tercapai targetnya. “Kalau target PBB tercapai maka akan bisa berdampak postiif terhadap pembangunan di kabupaten Bangkalan ini,” jelasnya.

Oleh sebab itu kata Asis, sisa waktu pada akhir bulan Desember ini harus digunakan secara maksimal agar pada ahir bulan nanti targetnya bisa tercapai. “Kita berharap target PBB ini pada akhir bulan desember nanti sudah beres,” katanya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bangkalan, Siswo Irianto dikonfirmasi melalui Kabid Pajak dan Distribusi I,  Zainal Alim menjelaskan, kalau dari segi target pihkany aoptimis akan mencapai target. “Memang kalau dari data baku kita masih 67,70 persen, namun kalau  dari target pada tanggal 29 Desember kita bisa memenuhi target,” jelas Zainal.

Sebab kata Zainal Alim, penyetoran PBB dari kecamatan dan desa saat ini terus masuk, dan setiap hari data penerimaan setoran PBB ini pasti berubah. “Yang jelas kami optimis hingga akhir bulan Desember ini target PBB akan tercapai,” katanya.

Kalau memang nanti hingga akhir bulan Desember ini, ada kecamatan yang belum lunas, maka tetap akan dikenai sanksi. “Kalau hingga akhir bulan ini masih ada kecamatan yang belum melunasi PBB, sanksinya  sudah jelas yaitu terkena 2 persen/bulan,” tuturnya..

Makanya kata zainal alim, untuk merangsang dalam pencapaiann target PBB ini, Bapenda kabupaten bangkalan memberikan penghargaan untuk Kecamatan yang lunas terlebih dahulu. “Yang lunas PBB duluan dapat hadiah printer. Jadi tahun lalu kecamatan  Labang,  Kwanyar dan kecamatan Sepulu dapat hadih itu,  untuk desa nya dapat hadiah kipas angin dan kalkulator,  nah yang lunas pajak tahun 2016 penyerahan hadiah tahun 2017 ini,” pungkasnya.(hib/shb)

 

iklan 100x100