Anggaran Pengamanan Pilkada Bangkalan Rp  5,09 Milyar

 

Kapolres Bangkalan saat mengecek senjata

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada  pada bulan Juni mendatang, Polres Bangkalan digrojok anggaran sebesar Rp 5,09 Milyar. “Anggaran pengamanan  pilkada, Rp  5,09 Milyar itu bentuknya hibbah dari pemkab dan akan kita pergunakan sepenuhnya yang terkait dengan pilkada,” kata Kapolres Bangkalan, AKBP Anissulah M Ridha usai memimpin upacara bendera dan gelar peralatan  dalam rangka operasi mantab Praja 2018 serta Soft launching polisi penolong di halaman Mapolres Bangkalan, Rabu (17/1/2018).

Dikatakan dia, anggaran pengamanan sebesar Rp 5,09 Milyar tersebut hanya untuk jajaran Polres Bangkalan saja. “Kodim mendapat anggaran tersendiri, Lananal Batu Porron juga dapat anggaran tersendiri, namun dalam kegiatannya nanti akan bersinergi, “jelas Anis panggilan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.

Apalagi kata Anis telah ada perintah dari Mabes Polri bahwa dalam pengamanan Pilakda nanti kekuatan yang akan dperbantukan pada hari H-nya dari TNI 2/3 dari anggota personel Polri yang diterjukan dalam pengamanan pilkada tersebut. “Ya kalau anggota polri 320 personel,   paling tidak dari  TNI  ada 200 personel,” terangnya.

Ditambahkan Anis untuk pengamanan Pilkada Bangkalan, pihaknya masih akan berkoordiansi dengan KPU dimana titik yang diangagap rawan dan butuh pengamanan. “Untuk titik pengamanannya kita akan koordinasi dengan KPU, serta lokasi lokasi yang dianggap rawan oleh KPU, ;engamanan juga kaan lakukan kepada Ketua kPU dan Komisioner kPU lainnya serta komisioner panwaskab,” tuturnya.

Makanya kata Anis, saat ini pihaknya melakukan gelar peralatan kesiapan kepoliasain dan TNI dalam menghadapi pilakda 2018. “Selain petlatan kita juga  menggelar seluruh perlengkapan kendaraan bermotor, kelengkaan khusus persejantaan dan peralatan penangulangan aksi massa,” katanya.

Gelar kekuatan pengamanan selanjutnya imbuhnya, akan dilakukan nanti menjerlang pelaksanaan pencoblosan. “Kekuatan personel pengamnaan dari TNI/POLRI yang kita libatkan dalam pilkada akan kita gelar nanti  menjelang pencobloan nanti perlengkapan perlatan yang lebih banyak dan personel yang lebih banyak pula, perlengkapan khusus untuk kepolisian nanti akan kita tambah dari Mabes polri dalam 1 hingga  2 bulan lagi akan tiba disini,” pungkasnya. (hib/shb)

iklan 100x100