Deteksi  Virus Flu Burung, Dispartanak Pantau TPU

ilustrasi-petugas saat memeriksa unggas
ilustrasi-petugas saat memeriksa unggas

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– untuk mendeteksi adanya virus flu burung, Dinas Peratanian dan Peternakan kabupaten Bangkalan melakukan pemantauan terhadap sejumlah  Tempat Pemontongan Unggas (TPU) di kabupaten Bangkalan. TPU yang telah dipantau itu diantaranya di TPU desa  Nyorondung kecamatan Tragah dan  TPU Kampung Bandaran Keluarahan Pangeranan Kecamatan kota. “Pemantauan TPU ini untuk mendeteksi adanya virus flu burung,” kata Kasi pemberantasan pencegahan penyakit Hewan (P3H) Dispartanak Bangkalan,  Ali Makki, Sabtu (26/03/2016)

Dari pemantauan yang dilakukan ke ssejumlah TPU itu, petugas belum menemukan adanya virus flu. “Selama pemantauan yang Kita lakukan, kami tidak menemukan adanya virus flu burung itu,” jelas Ali Makki,

Dijelaskan dia, selain melakukan pemantauan terhadap TPU, untuk mendeteksi virus flu burung itu, petugas juga mendtangi Pasar ternak di Arosbawa dan peternak di  Perumahan Pengeranan. “Hewan yang dijual di pasar di peternak itu kita ambil swap dan kotoran, di bawa ke lab untuk dideteksi,” terang Ali Makki.

Ditambahkan Ali Makki, bahwa penfeteksian virus flu burung melalui pengambilan Swap dan kotoran itu merupakan kegaiatan Dinas Peternakan Propinsi Jatim.  “Kegiatan survelen  kegiatan propinsi  kita hanya mendampingi saja. Kita Dispartanakan kabupaten Bangkalan hanya melakukan  Vaksinasi saja,” pungkasnya. (hib/sb)