Disdik Bangkalan Wajibkan Semua SMP Lakukan Simulasi UNBK Ke-3

Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Bangkalan, Risman Iriyanto

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan mewajibkan SMP baik negeri maupun swasta untuk melaksanakan Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer ke-3 yang akan dilakukan pada tanggal 18 hingga tanggal 19 Maret 2019. “Simulasi UNBK ke1 dan ke-2 ngak wajib, namun untuk simulasi UNBK ke-3 ini semua sekolah wajib melaksanakan,” kata Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP, Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Risman Iriyanto, Sabtu (09/03/2019).

Dikatakan Risman Iriyanto, pada simulasi pertama dan kedua, pihaknya memang tidak mewajibkan untuk melaksanakan simulasi, namun untuk Simulasi UNBK ke- 3 ini, semua sekolah baika sekolah yang menyelenggarakan UNBK secara mandiri maupun sekolah yang menumpang wajib melaksanakan simulasi ke-3. “Simulasi ke-3 ini semacam gladi resik-lah,” jelas Risman panggilan akrabnya Kasi Kurikulum  dan Penilaian SMP Disdik Bangkalan ini.

Dijelaskan Risman, Memang tujaun diadakannya simulasi ini bukan untuk try out, namun dalam simulasi ini fokusnya bagaimana siswa bisa menggunakan aplikasi. “Jadi dalam simulasi ini kita hanya mengenalkan aplikasi, dan mengenalkan ke siswa cara-cara menjawab. Jadi simulasi ini bukan try out,” terangnya.

Ditambahkan Risman, dalam UNBK yang akan digelar pada tanggal 22 April nanti, ada 220 lembaga SMP negeri dan swasta, dengan rician sekolah yang menyelenggarakan UNBK secara mandiri sebanyak 135 lembaga dan sekolah yang menumpang 85 lembaga. “Kalau total siswa UNBK yang sudah masuk daftar Nominasi Tetap (DNT) 15.655 siswa,” pungkasnya. (hib/shb)