HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Menuju Pamekasan Bebas Buang Air Besar, Dinkes Bantu Jamban

Jamban
Jamban

Pamekasan maduranewsmedia.com– Melalui program Gerakan Terpadu Bangun Jamban Keluarga (Gardubaja) Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Pamekasan Ismail Bey mewakili Bupati Pamekasan Achmad Safii, Rabu (4/5/2016) menyerahkan bantuan sekaligus melihat langsung MCK di rumah warga.

Hasinah (67), seorang pemulung warga jalan Dirgahayu, Kelurahan Bugih Pamekasan. Mengaku senang atau bantuan jamban tersebut. “Sangat senang sekali mas dapat bantuan ini. Jadi saya  bersama seluruh keluarganya, tidak perlu lagi buang air besar di sungai atau harus menumpang di MCK milik tetangga dan say berterima kasih kaepad pak bupati dan pak kepala dinas kesehatan yang telah membuatkan jamban keluarga secara gratis,” kata Hasinah

Selanjutnya, Ismail Bey juga mengunjungi sejumlah rumah warga di sekitar lokasi, termasuk rumah Subaidah (80), yang menderita lumpuh dan senasib dengan Hasinah karena rumah yang ditempati bersama seorang anaknya itu juga tidak memiliki jamban atau kakus.

kepala dinas kesehatan Pamekasan, Ismail Bey mengharapkan, dengan adanya pemberian bantuan MCK itu dari pihak pemerintah secara gratis , masyarakat Pamekasan pada tahun 2017 atau maksimal tahun 2018, telah bebas buang air besar sembarangan, agar masyarakat terhindar dari penyakit menular akibat buang air besar sembarangan.

Ismail Bey menambahkan berdasarkan himbauan dari bupati Pamekasan yang meminta  kepada dinas kesehatan, bahwa target 2017 maksimal 2018 sebelum berakhir masa kepemimpinan bapak Bupati dan wakil bupati semua desa di 180 desa/kelurahan itu sudah bebas dari buang air sembarangan, ini adalah upaya tambahan untuk bisa mempercepat Pamekasan 2017 – 2018 harus sudah ODF. ,”Itu harapan bupati yang di sampaikan kepada saya,” pungkasnya.(rhm/shb)