Pelakasanaan Tes CPNS Dengan Sistem CAT Berlangsung Ketat

Peserta tes CPNS diperiksa Satpol PP sebelum memasuki ruang ujian

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Pelaksanaan ujian calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT) yang digelar di gedung Merdeka berlangsung ketat. Pada hari pertama yang pesertanya dari THL K-2 ini, semua peserta sebelum memasuki ruang ujian diperiksa oleh Satpol PP. “Pemeriksaan ini kita lakukan untuk mewanti-wanti hal yang buruk,” kata ,” kata ,: kata Kepala  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) kabupaten Bangkalan, Moh Ghufron melalui Kabag Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Masyhudunnury, disela-sela pelaksanaan ujian CPNS Selasa  (13/11/2018).

Selian diperiksa oleh Satpol PP, peserta yang ketinggalan membawa surat Pernyataan keabsahan dokumen disuruh pulang untuk mengambil surat tersebut. “Peserta yang tidak membawa surat ini hanya satu orang yaitu peserta dari kecamatan Burneh, ya terpaksa kita suruh pulang untuk mengambil surat itu,” jelas Masyhud panggilan akrabnya . Masyhudunnury.

Pada hari pertama pelaksanaan ujian tes CPNS dengan sistem CAT ini molor, hal itu disebabkan karena ada masalah tehnis. “Hanya molor 30 menit kok ada masalah tehnis sedikit, tapi meskipun molor pada sesi pertama ini tidak akan menganggu pada pelaksanaan ujian tes CAT pada sesi kedua,” terang Masyhud.

Dikatakan Masyhud, ruang ujian tes CPNS steril, hanya anggota Muspida atau Forpimda saja yang boleh masuk ke ruangan tes tersebut. “Maaf untuk mengambil gambar tidak boleh, ruangan tes steril hanya anggota Muspida saja yang boleh masuk,” tuturnya.

Ditambahkan Masyhud, ruang ujian tes CPNS ini di sterilkan, karena panitia sudah menggunakan aplikasi  XMEye dan bisa dilihat melalui internet secara langsung. “Pelajsanaan tes CPSN dengan sistem CAT di kabupaten bangkalan menggunakan aplikasi XMEye, jadi masyarakat bisa memantau langsung pelaksanaan tes CAT melalui internet,” katanya.

Dengan adanya aplikasi XMEye ini, pelaksanaan ujian tes CPNS dengan sistem CAT ini berlangsung dengan transparan. “Jadi dengan aplikasi itu dari manapun masyarakat bisa memantau, termasuk pak Bupati yang saat ini tengah ada acara di Jakarta bisa memantau langsung pelaksanaan ujian CPNS ini,” ujarnya.

Pelaksanaan ujian CPNS dengan sistem CAT ini kata Masyhud, dilaksanakan mulai tanggal 13 Nopember hingga nanti tanggal 16 Nopmber 2018. “Setiap hari kita laksanakan tiga sesi, setiap sesi pesertanya 120 orang,” pungkasnyan. (hib/shb)