Pj Bupati Bangkalan Sidak USBN Di SDN Kemayoran 1

Pj Bupati bangkalan,di dampingi plt Disdik, Bambang Budi Mustika saat sidak USBN

Bangkalan, maduranewsmedia.com– pada hari ke-dua pelaksanaan Ujian Sekolah berstandart Nasional (USBN), Pj Bupati Bangkalan, Indra S Ranuh melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak ) di SDN Kemayoran 1 kecamatan kota Bangkalan. Di sekolah tersebut, Pj Bupati Bangkalan langsung masuk melihat siswa SD yang tengah mengerjakan soal-soal USBN. “Bapak bupati hanya sidak disini (SDN kemayoran I Red), beliau hanya sidak di satu Sekolah, karena pak bupati ada agenda sama BPK,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan, Bambang Budi Mustika, Jum,at (04/5/2018).

Dikatakan dia, pelaksanaan USBN yang digelar sejak hari Kamis(3/5/2018) kemarin berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah pelaksanaan USBN berjalan lancar, dan semoga hingga nanti selesai USBN tetap berjalan lancar,” jelas Bambang.

Dijelaskan Bambang, perbedaan antara USBN dengan ujian Nasional (UN) adalah di soal. Kalau USBN ini standart pembuatan soal, 25 persen soal USBN ini dibuta oleh pusat, 75 persennya dari pemerintah Jawa Timur.”USBN itu standart pembuatan soalnya tidak secara nasional, prosentase-nya dari Jawa Timur 75 persen, dari pusat 25 persen,” terangnya.

Ditambahkan Bambang, untuk  Jatim mengambil tim dari tiap kabupaten/ kota untuk menyusun naskah soal. “Jadi soal USBN ini hanya se Jawa Timur yang sama dan soal-sola inipun digandakan oleh kabupaten/kota,” katanya.

Lebih lanjut Bambang Budi Mustika menjelaskan, untuk peserta USBN di mkabupaten Bvangkalan sebanyak 18.740 siswa  yang terdiri dari siswa SDN, SD Swasta, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) dan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS)

Sedangkan jumlah sekolah yang mengikuti USBN pada tahun mata pelajaran 2017/2018 SDN 649 sekolah, SD swasta 43 lembaga, MIN 2 sekolah dan MIS 142 lembaga. “Jadi total sekolah yang menikjuti USBN 836 sekolah dengan peserta SDN 15.684 siswa ditambah siswa SD swasta dan MIN serta MIS, jadi total peserta USBN keseluruhannya 18.740 siswa,” pungksanya. (hib/shb) .

 

iklan 100x100