Polres Bangkalan Cek Kesiapan Pasukan Pengamanan Pileg dan Pilpres

Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan saat memeriksa Pasukan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden masih kurang 6 bulan lagi, akan tetapi untuk melihat kesiapan pasukan pengamanan pileg dan pilres itu, melihat kesiapan pengamana itu, Kapolres Bangkalan mengumpulkan pasukan pengamanan itu dalam Apel  gelar pasukan yang digelar di alun-alun kota Bangkalan. “Hari kita melaksanakan Apel gelar pasukan personel yang dilibatkan dalam pengaman pe,ilihan Legislatif dan pemilihan Presiden,” Kata Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan usai memimpin Apel Gelar Pasukan, Rabu (19/9/2018)

Dikatakan dia, apel gelar pasukan ini dikuti sekitar 500 orang personel atau 7 kompi yang teridiri dari anggota Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub. “Apel gelar pasukan dengan sandi Operasi Mantab Brata Semeru 2018 ini tujuannya untuk melihat kesiapan personel, sarana dan prasana yang akan digunakan untuk pelaksanaan pileg dan pilpres,” jelas Boby panggilan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.

Dijelaskan Boby, untuk pola pengamanan pada pelaksanaan Pileg dan Pilres nanti tidak jauh berbeda dengan pola pengamanan yang diterapkan pada saat pelaksanaan pemilihan Bupati dan wakil Bupati serta pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur pada pilkada serentak yang lalu. “Pola pengamanan dan jumlah personel yang kita akan kita libatkan sama seperti pada saat pengamanan  pilkada, jumlah personel  sekitar 700 personel,” terangnya.

Namun kata Boby, pihaknya masih akan mengkalkulasi kembali dinamika dan kerawanan-kerawanan dilapangan.   “Yang jelas untuk jumlah personel akan kita kalkulasi kembali tergantung dengan dinamika dinamika serta kerawanan- kerawanan seperti apa yang terjadi  dilapangan nanti,” tuturnya.

Karena kata dia, pihaknya masih menyimpan semua data-data pengamanan pada pelaksanaan pilkada serentak. “Pelaksanaan pilres dan pilres tidak  begitu lama, data-data pada pilkada yang lalu kita masih ada, jika ada dinamika atau perkembangan yang perlu diantisipasi ya kita antisipasi. Daerah-daerah rawan sudah kita petakan, yang jelas kita update terus perkembangan mulai saat ini hingga nanti pada hari H pelaksanaan pileg dan Pilpres,” ujarnya.

Orang nomer satu dijajaran Mapolres Bangkalan ini mengharapkan, pelaksanaan Pileg dan Pilpres di kabupaten Bangkalan berlangsung dengan aman seperti pada pelaksanaan pilkada serentak. “Kita berharap pelaksanaan pileg dan Pilpres yang akan dilaksanakna 6 bula lagi ini, bisa lancar, aman dan damai, kita bisa menjaga kabtibmas seperti pelaksanaan pilkada kemarin,” pungkasnya. (hib/shb)

iklan 100x100