HEADLINEOLAH RAGAPERISTIWATERKINI

Sabet 2 Emas Dan 1 Perunggu, IPSI Bangkalan Juara Umum III Putaran Grand Final Piala Gubernur

 

 

1.Ketua Pengkab IPSI Bangkalan, Ir H Abdul Razak,MM
1. Ketua Pengkab IPSI Bangkalan, Ir H Abdul Razak,MM

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Optimisme Ketua Umum Pengkab IPSI Bangkalan, IR H Abdul Razak,MM, bahwa 7 Pesilat andalannya yang trun berlaga di putaran grang final Piala Gubernur 2016 bajak mampu mengoleksi medali emas, benar-benar terwujud. Dalam laga final Minggu ( 29/5) siang kemarin, 6 Pesilat Bangkalan yang tampil di kagatagori tunggal putram tunggal putri, ganda putra dan ganda putri, sukses mempersembahkan 2 medali emas dan 1 perunggu.

Sukses ini sekaligus mengkuhkan Pengkab IPSI Bangkalan sebagai juara Umum III event Pencak Silat golongan remaja (13-15 tahun) memperebutkan Piala Gubernur Jawa Timur, yang dihelat 26 s/d 29 April di GOR Unesa, Jalan Lidah Wetan, Surabaya itu. Sementara Pengkab IPSI Pasuruan keluar sebagai juara Umum I dengan koleksi 5 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu, disusul Pengkot IPSUI Surabaya sebagai juara umum II dengan raihan 3 medali emas dan 3 perunggu.

“Sejak keberangkatan anak-anak (atlet-Red) ke Surabaya, saya sudah optimis bahwa sebagian dari mereka akan mampu meraih prestasi puncak. Yakni pulang kampung membawa medali emas. Nah itu kini terbukti kan. Malah mereka sukses meraih 2 medali emas dan satu perak,” komentar Ketua Umum Pengkab IPSI Bangkalan, Ir H Abdul Razak,MM, Senin (30/5/2016) .

Torehan prestasi di putaran grand fonal Piala Gubernur itu, menurur Razak, tergolong sukses besar. Pasalnya, dalam event yang diproyeksikan untuk menjaring atlet menuju PON Remaja II di Semarang tahun 2017 itu, Pengkab IPSI hanya menurunkan 7 atlet. Satu pesilat berlaga di katagori tanding (fighting) kelas D-putra, semantara 6 pesilat lainnya turun di katagori tunggal putra dan putrid serta ganda putra dan putri.

“Jadi dari 7 atlet yang kami kirim, 5 atlet diantaranya berhasil meraih 3 medali. Yakni 2 medali emas dari katagori tunggal putra dan ganda putra, dan 1 medali perak dari Katagori ganda putri. Torehan prestasi ini tergolong luar biasa. Sebab dari 7 atlet, hanya ada 2 atlet yang gagal meraih medali,” urai Razak.

Medali emas pertama bagi kontingen Pengkab IPSI Bangkalanm dipersembahkan oleh Pesilat Nafis Fajriyus Zuhur yang berlaga di final katagori tunggal putra. Atlet asal Perguruan Poras Jokotole itu, mengungguli atlet Lumajang Ahmad Verdiansyah dan pesilat Ngawi Azharien Geofani Nugoho, peraih mendali perak dan perunggu.

Sementara duet Achmad Sudez dan Moh Ivan Alif Kadaffi yang turun di final katagori ganda putra, menjadi atlet penyumbang medali emas kedua bagi Pengkab IPSI Bangkalan. Medali perak dan perunggu, masing-masing diraih oleh Pesilat Bintang Setiya Wardana dan Rohmat Firman Aldiansyah dari Tuban, serta Pesilat Nashih Abdillah dan Najib Abdillah dari Kabupaten Pasuruan.

Dilain pihak, duet Pesilat Zahita Fauqanurin Zahma dan Faninazila Azzhahra yang berlaga di final ganda putrid gagal meraih emas ketiga. Keduanya harus puas dengan kalungan medali perak. Medali emas dan perak di katagori ganda putri ini, masing-masing disabet oleh Pesilat Wigati Rahma Musadan dan Nayu Pramesti dari Banyuwangi, serta Pesilat Zakiyatul Muslikah dan Izmi Mubarokah dari Kota Surabaya.

Dilain pihak, Sekretaris pertandingan Piala Gubernur 2016, Eko Mujiono, menegaskan bahwa semua pesilat peraih medali di putaran grand final Piala Gubernur itu, punya peluang besar untuk mengisi Puslatda Pengprov IPSI Jawa Timur.” Hasil Puslatda itu diproyeksikan untuk dikirim ke event PON Remaja II di Semarang tahun 2017 mendatang,” papar Eko.

Dengan demikian, jika benar terjaring dalam Puslatda, kelima atlet peraih 2 emas dan 1 perak andalan Pengkab IPSI Bangkalan, punya peluang cukup besar untuk menjadi duta Pengprov KONI dan IPSI Jawa Tmur dalam event akbar PON Remaja II tahun  depan.

Terakhir, Eko menjelaskan event putaran grand final Piala Gubernur 2016 kali ini diikutioleh 12 atlet putra dan putrid. Mereka bersaing memperebutkan medali di 11 kelas katagori tanding, 2 katagori tunggal putra dan putri, serta 2 katagori ganda putra dan putri. (Sjam/shb).