HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Ciptakan Pemilu 2024 Yang Ramah Bawaslu Kabupaten Bangkalan Gelar Sosialisasi Kepemiluan  Kepada Kalangan Disabilitas

Ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan Achmad Mustain Saleh

Bangkalan,,maduranewsmedia.com- Partisipasi Penyandang Disabilitas pada setiap Pemilu terus meningkat. untuk menciptakan Pemilu  yang ramah terhadap pemilih Disabilitas pada pemilu 2024, Bawaslu Bangkalan menggelar sosialisasi  Penguatan pemahaman kepemilihan kepada kalangan Disabilitas. “Kegiatan ini kita gelar atas masukan dari KPU, karena pada pemilu 2024 partisipasi penyandang disabilitas yang ada di Bangkalan terus bertambah, jadinya bagaimana kita bisa memberikan kemudahan kepada semua kelompok masyarakat termasuk disabilitas,” Kata ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan, Achmad Mustain Saleh di sela-sela acara sosialisasi  di Cafe Bima Bangkalan,Jum’at (05/08/2022).

Pada acara Sosialisasi dengan tema “menjaga peran serta kelompok rentan pada pemilu 2024,”Bawaslu kabupaten Bangkalan mengundang semua disabilitas yang ada di kabupaten bangkalan agar supaya mereka  mengetahui aturan pemilu. “Mereka berhak mencoblos pada  pemilu 2024 nanti. bahwa pemilih itu harus bisa mengakses di TPS harus memudahkan masyarakat termasuk disabilitas, makanya jauh-jauh hari kami akan mulai mendata di TPS mana teman disabilitas tersebut akan mencoblos,”jelas Mustain sapaan akrabnya ketua Bawaslu Bangkalan ini.

Dijelaskan Mustain, untuk pemilih dari penyandang Disabilitas ini akan diperlakukan berbeda dengan pemilih yang lain. “Secara umum yang penting di TPS nanti  harus mudah dilalui semua kalangan termasuk Disabilitas, bagi teman-teman Disabilitas memiliki peluang yang sama baik itu untuk dipilih maupun untuk memilih.” terangnya.

Ditambahkan Mustain, ntuk data pemilih kalangan Disabilitas yang mempunyai hak pilih pada  pemilu 2024 datanya ada di KPU. “Kita Bawaslu hanya mengingatkan kepada teman-teman KPU dan kami mengadvokasi teman-teman Disabilitas untuk mendapatkan hak untuk memilih,kalau memang nanti ada kendala kepada disabilitas kami siap membantu mengingatkan, mencegah bahkan memproses ke KPU.” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang penyandang Disabilitas Sulton mengatakan, Walaupun dirinya memiliki disabilitas tentunya  berhak memilih pemimpin pada pemilu 2024 mendatang. “Kami disabilitas yang ada di Bangkalan sudah diberikan tempat untuk hak kita di pemilu mendatang,dan kami apresiasi kepada Bawaslu dan KPU bangkalan yang telah mengkoordinir kami untuk memilih,” pungkasnya (edi/shb)