HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Penentuan Awal Romadhan Antara NU dan Muhammadiyah Diprediksikan Sama

Kepala kantor Kementrian agama bangkalan, Tantowi Muarif
Kepala kantor Kementrian agama Bangkalan, Tantowi Muarif

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Penentuan awal bulan suci Romadhan 1437 H,  antara NU dan Muhammadiyah diprediksikan sama yaitu jatuh pada hari Senin tanggal 6 Juni 2016. “bisa saja terjadi perbedaan, namun perbedaannya itu tipis sekali. Perbedaan itu terjadi karena apa yang dilihat dengan mata telanjang dan hasil hisab. Namun pada tahun ini Insya Allah sama dan kit alaihat saja nanti hasil Isbat-nya,” kata Kepala kantor Kementrian Agama kabupaten bangkalan, Tantowi Mu’arif, Senin (30/5/2016).

Dikatakan dia, meskipun penentuan awal bulan romadhan diprediksikan sama, namun Kantor Kemenang kabupaten bangkalan tetap akan melakukan rukyatul hilal di pantai Gebang bangkalan. “Kita akan tetap melakukan rukyatul hilal [ada hari Ahad tanggal 5 Juni di pantai Gebang,” jelas Tantowi Muarif.

Lebih lanjut Tantowi Mu’arif menjelaskan, dala hisab yang telah dilakukan tim rukyat Kemenag kabupaten bangkalan, tinggi bulan diatas 2 darojah. “dari hasil hisab yang kita lakukan, nanti itu imkanul rukyat artinya kemungkinan besar bulan bisa dirukyat, karena posisi bulan pada saat itu daiatas 2 darojah,” terangnya.

Dalam acara rukyatul hilal yang akan digelar dipantai Gebang  nanti, pihaknya akan melakukan rukyat bersama Badan Hisab rukyah, Ormas Islam, kalangan pondok Pesantren dan ahli hisab. “Potensi berbeda awal Romadhan itu kecil dan insya Allah, awal puas dan hari rayanya  bareng,” pungkas Tantowi Mu’arif. (hib/shb)