Sungai Kamal Meluap, Empat Dusun Di Dua Desa Kecamatan Kamal Terendam Banjir

masyarakt terdampak banjir saat menyelamatkan harta bendanya

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Hujan deras yang menguyur kabupaten bangkalan sejak tadi malam menyebabkan  sungai di kecamatan Kamal meluap. Aibat air sungai itu meluap, empat dusun di dua di kecamatan Kamal terendam banjir. Dusun yang terendam banjir itu  antara lain; Dusun Tengginah, dusun Dalem dan dusun Demangan desa Kamal serta desa Banyuajuh  kecamatan Kamal kabupaten bangkalan. “Pada pukul 06.00 wib pagi kita sudah turun ke lokasi,” tinggi Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Bangkalan, Rizal Morris AP,M.si, Sabtu (19/01/2019).

Dikatakan Rizal Morris, meluapnya sungai di kecamatan Kamal yang merendam empat dusun di dua desa itu  diawali dengan adanya hujan dengan intensitas tinggi yang berlangsung lama, sehingga menyebabkan aliran sungai meluap ke sejumlah dusun di desa Kamal dan desa Banyuajuh kecamatan kamal kabupaten bangkalan. “Ada empat dusun di dua kecamatan Kamal yang tergenang air, dan 100 Kepala Kelaurga terdampak,” jelas Rizal panggilan akrabnya Rizal Morris.

Dijelaskan Rizal, selain merendam empat dusun di dua desa di kecamatan Kamal, banjir yang disebabkan melupanya air sungai di kecamatan Kamal itu juga menyebabkan akses jalan kabupaten terendam. “ketinggian air yang mrendam akses jalan kabupaten sekitar 50 cm,” terangnya,

Untuk menangangai bencana banjir akibat luapan ais sungai di kecamatan Kamal itu, BPBD kabupaten bangkalan menerjukan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi Bencana. Tim  BPBD kabupaten bangkalan beserta tokoh masyarakat melakukan pemantauan dan koordinasi. “Masyarakat terdampak diharapkan waspada terhadap bencana  banjir susulan yang kemungkinan akan terjadi mengingat di bulan Januari intensitas hujan masih tinggi,” pungkas Rizal. (hib/shb)