HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Pelaksanaan Pilkades Serentak Berlangsung Aman, Kabupaten Bangkalan Dapat Apresiasi Dari Balai Besar Bina Desa Kemendagri RI

Wakil Bupati Bangkalan Moh Mohni, Sekdakab, Taufan Zairinsyah, Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto dan Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Kav Ary Setiawan Wibowo saat memantau pelaksanaan Pilkades Serentak

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Pelaksanaan pilkakdes serentak di kabupaten Bangkalan yang berlangsung dengan aman memperoleh Apresisasi positif dari balai besar bina desa Kementrian dalam negeri. “Dari Balai besar Bina Desa Kemendari tadi memantau langsung Pelaksanaan Pilakdes di desa Martajesah yang dijadikan sebagai pilot Projec (percontohan) pilkades di masa Pandemi Covid-19 dan Alhamdulilah kita dapat Apresiasi positif,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) kabupaten Bangkalan, Akhmad Ahadiyan Hamid, Ahad (2/05/2021).

Dikatakan dia, pada pelaksanaan pilkades serentak tahun 2021 ini, desa Martajesah kecamatan Kota Bangkalan djadikan sebagai  pilot projec atau desa percontohan. “Terkait protokol kesehatan pada saat pelaksanaan pencoblosan dipantau langsung oleh pejabat dari Balai besar bina desa,” jelas Dhiet sapaan akrabnya Kadis DPMD Bangkalan ini.

Dijelaskan Dhiet, Pada saat pelaksanaan pemungutan suara di desa Martajesah, prokes betul betul diberlakukan dengan ketat, setiap pemilih yang hadir ke TPS diperiksa terlebih dahulu suhu tubuhnya dengan alat pengukur suhu thermo Gun. “Di TPS panitia menyediakan tempat cuci tangan, dan pemilih sebelum mencoblos diperiksa suhu tubuhnya, kalau ada pemilih yang suhu tububuhnya diatas 30 derajat celcius, akan diarahkan ke bilik khusus, namun Alhamdulillah tadi tidak ada,” terangnya.   

Berlangsungnya pelaksanaan pilkades serentak di 117 desa dengan aman dan lancar, Kadis DPMD Bangkalan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pelaksanaan pilkades serentak ini. “Saya terima kasih kepada bapak Bupati Bangkalan, anggota Forkopimda, TFPKD, Musipika, P2KD, AKD,  tokoh mayarakat dan tokoh agama yang selama ini memberikan dukungan dan memberikan himbauan kapada masyarakat bangkalan, sehingga kabupaten bangkalan menjadi pelaksana pemilihan Kepala desa serentak aman dan sukses,” tuturnya.

Ditambahkan Dhiet, setelah tahapan pemungutan suara ini, tahapan pilkades serentak selanjutnya adalah pengajuan pelantikan Kades terpilih. “Tahapan pilkades serentak selanjutnya adalah proses pengajuan pelantikannya,” kata Dhiet.

Sementara itu Camat kota Bangkalan, Cicik Fidiyah, S.E mengaku senang dengan adanya apresiasi dari Balai Besar bina Desa Kemendagri RI itu. “Yah dengan adanya penunjukan desa Martajazah sebaga pilot projectnya pelaksanaan pilkades  serentak di Bangkalan ini  tentu saja kami MUSPIKA kec.Bangkalan  beserta tim kecamatan amat sangat senang sekali,” kata Cicik sapaan akrabnya Camat Kota Bangkalan ini.

Dikatakan Cicik pelaksanaan pilkades serentak ini adalah pengalaman pertama kepada dirinya selama menjabat sebagai Camat. “Pelaksanaan Pilkades sentak ini adalah pengalaman pertama bagi saya, sehingga dalam  proses persiapan pelaksanaan pemungutan di desa Martajazah lebih dioptimal kan agar supaya sesuai dengan keadaan sekarang ini ( masa pandemi ) Dan Alhamdulillah tim P2KD Martajazah langsung tanggap dan paham,” pungkasnya. (hib/shb)