HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Waaster Panglima TNI Hadiri Acara Aksi Bela Negara Kodim 0829/Bangkalan

Bangkala,maduranewsmedia.com – Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI, Brigjend TNI (Mar) Agus Sulistyo menghadiri Aksi Bela Negara yang dilaksanakan  Kodim 0829/Bangkalan. >“Bela Negara adalah hak dan kewajiban setiap warga negara, baik itu TNI, Polri, PNS maupun masyarakat. TNI yang jelas memiliki 2 tugas pokok. Menurut Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, tugas kita adalah Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang. Kalau Operasi Militer Perang, tugas kita sudah jelas, kita sebagai garda terdepan pertahanan, kita melaksanakan pertahanan,” kata Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI, Brigjend TNI (Mar) Agus Sulistyo usai membuka acara aksi Bela Negara di Gedung Manunggal Kompleks Kodim 0829/Bangkalan, Selasa (06/04/2021).

Dikatakan Agus Sulistyo, Bicara mengenai Operasi Militer Perang, bisa dari dalam, bisa dari luar. “Kalau dari luar dari negara-negara yang dari luar, kemungkinan kecil karena apa, karena nengara kita adalah negara yang cinta damai. Bagaimana dengan OMSP, Operasi Militer Selain Perang yang dilakukan oleh TNI adalah membantu Pemda,” jelas Agus sapaan akrabnya Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI ini.

 Dijelaskan Agus, membantu masyarakat dalam menghadapi kesulitan. OMSP yang biasa dilakukan TNI, salah satu contohnya adalah membantu mengatasi bencana.  “Seperti yang saya sampaikan adalah sekarang ini maupun yang kemarin-kemarin dilakukan adalah mengatasi bencana, bencana itu bermacam-macam, bencana alam, kemudian contohnya menghadapi Covid-19, sebab covid ini juga salah satu bencana yang bahkan menjadi bencana nasional. Kita menjadi garda terdepan, kemudian membantu Pemda, pemerintah daerah, apapun yang dilakukan oleh pemerintah daerah, harapan kita adalah sinergi, saling tolong menolong, gotong royong, kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat.” terangnya.

Ditambhakan Agus, terkait dengan Bela Negara ini, Kedepannya nanti  akan selalu dan terus menerus karena kegiatan ini OMSP. “Salah satu contohnya sekarang ini, bela negara yang kita lakukan. Yaitu untuk masyarakat maupun PNS,” tuturnya.

Ditambahkan dia, untuk menangkal radikalisme, terdapat undang-undang nomor 5 tahun 2018 tentang pemberantasan teroris radikalisme. “Dalam undang-undang tersebut termasuk juga pelibatan TNI ada dalam undang-undang itu namun dengan skala. Apabila negara ini sudah terancam, disitulah peran TNI berikut memberantas kelompok radikal maupun terorisme.” Pungkasnya.

Kehadiran Waaster Panglima TNI, Brigjend TNI (Mar) Agus Sulistyo dalam kegiatan aksi Bela Negara di Kodim 0829/Bangkalan, didampingi oleh Paban III Tahwil Ster TNI Kolonel Kav Harfuddin Daing, SE, MM. Kasiter Korem 084/BJ Kolonel Inf. Samsul Huda. Dalam kegiatan tersebut, Waaster Panglima TNI menyempatkan diri untuk menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada perwakilan peserta aksi Bela Negara.

selain Waaster Panglima TNI, Brigjen TNI (Mar) Agus Sulistyo. Hadir pula antara lain, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron. Wakil Bupati Bangkalan Drs. Mohni, MM. Sekda Bangkalan Ir. Moh Taufan Zairinsyah, MM. Dandim 0829/Bangkalan Letkol Kav Ari Setyawan Wibowo, S.Sos. Kasdim 0829/Bangkalan   Mayor Inf Mahfud Rofii, S.pd. Danlanal Batuporon yang diwakili Palaksa Mayor Laut (P) Ali Sahbana. Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto, SIK. Ketua DPRD Bangkalan H. Muhammad Fahad, Kajari Bangkalan Bapak Candra Saptaji, SH, MH. Ketua PN Bangkalan Dr. Masykur Hidayat S.H.,MH, Ketua PA Bangkalan Drs. H. Amar Hujantoro, MH.serta Kepala Rutan Kelas II B Bangkalan Mufakum. (hib/shb)