HEADLINEHUKUM & KRIMINALPOLITIK & PEMERINTAHAN

Pansus BUMD Sumber Daya DPRD Bangkalan Berakhir, Ini Rekomendasinya

Ketua Pansus BUMD Sumber Daya DPRD Bangkalan, Fadhur Rosi

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Pansus BUMD Sumber Daya DPRD Bangkalan sudah berakhir alias tuntas. Pansus telah memberikan rekomendasi ke Pj Bupati Bangkalan hasil kerja Pansus selama 3 bulan. “Pansus BUMD Sumber Daya sudah selesai dan sudah kita paripurnakan, hasil rekomendasi sudah kita serahkan ke Pj Bupati Bangkalan, ” kata Ketua Pansus BUMD Sumber DPRD Bangkalan, Fadhur Rosi, Jum, at (03/11/2023)

Dijelaskan dia, kenapa DPRD Bangkalan membentuk Pansus BUMD Sumber daya? “Kenapa Dewan melakukan Pansus karena 50 anggota DPRD tidak tahu masalah ini, ” jelas Rosi sapaan akrabnya Ketua Pansus yang juga Politisi Partai Demokrat ini.

Dijelaskan Rosi, setelah dewan membentuk pansus, ternyata diketahui kemana saja aliran dana Rp 23,5 Milyar. “Pinjaman pihak ketiga hanya yang kita tahu PT Tanduk Majeng. Baru setelah kita membentuk pansus kita tahu ternyata ada  11 pihak ketiga yang ikut meminjam uang ke BUMD sumber daya dengan total pinjaman Rp 23,5 M, ” terangnya.

Dari total pinjaman pihak ketiga itu kata Rosi, sudah ada pihak ketiga yang mengembalikan. “Ada pengembalian, uang BUMD Sumber Daya  saat ini yang masih ada di pihak ketiga Rp 22 M, ” tuturnya.

Ditambahkan Rosi, saat ini Pansus BUMD Sumber Daya DPRD Bangkalan sudah selesai dan hasil kerja Pansus sudah  diparipurnakan. “Untuk rekomendasi pansus kita minta kepada pemerintah agar secepatnya memanggil para pihak yang perjanjian kerjasama-nya sudah selesai untuk meminta jaminan, karena sampai hari ini  tidak ada jaminan yang diberikan pihak ketiga kepada BUMD, kemudian pemerintah bersama  BUMD harus membuat surat pernyataan pengambilan alihan hak,” katanya.

Untuk masalah hukumnya, Ketua Pansus kelahiran Socah ini menyerahkan kepada APH. “Nanti biar Kejaksaan yang menyelesaikan masalah hukumnya, ” pungkas Rosi (min/shb)