TERKINI

Hari ini DCT Caleg DPRD Bangkalan Pemilu 2024 Diumumkan, 1 Orang Caleg Gugur

Pengumuman DCT Caleg

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Hari ini Sabtu (04/11/2023) KPU Kabupaten Bangkalan mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) caleg DPRD Kabupaten Bangkalan Pemilu 2024. “Ada 479 Caleg dari 17 parpol  yang memenuhi syarat  yang diumumkan dalam DCT,” kata Divisi Teknis Penyelenggara KPU Bangkalan, Sri Hendayani, Jum, at malam (03/11/2023)

Dijelaskan dia, pada awal pendaftaran caleg KPU Bangkalan menerima 576 orang pendaftar. “Yang mendaftar itu pada awal 576, kemudian masuk ke DCS 480, setelah DCT sisa 479 orang, 1 orang tidak memenuhi sarat yaitu caleg dari PPP, ” jelas Heni sapaan akrabnya Devisi Penyelenggara KPU Bangkalan ini.

Dijelaskan Heni, 1 orang caleg yang tidak memenuhi syarat dan tidak masuk dalam DCT itu adalah caleg dari PPP. “Karena calon dari PPP ini adalah mantan terpidana, dimana mantan terpidana ancaman hukumannya 5 tahun, sesuai dengan PKPU RI,  mantan terpidana itu harus ada jeda 5 tahun, ” terangnya.

Ditambahkan Heni, caleg DPRD Bangkalan yang diumumkan dalam DCT ini masih bisa dianulir. “Calon yang diumumkan di DPT ini masih  bisa dianulir pencalonannya, ketika calon itu meninggal dunia, melakukan tidak pidana, diberhentikan dari anggota parpol, dan melakukan pelanggaran kampanye, ” tuturnya.

Selanjutnya kata Heni, para Caleg yang diumumkan dalam DCT ini bisa melakukan kampanye sesuai dengan jadwal tahapan yang telah diatur oleh KPU “Mereka para caleg bisa memasuki tahapan pemilu selanjutnya yaitu masa kampanye, ” pungkasnya. (min/shb/*)