HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron Lantik Kepala Desa Terpilih Hasil Pilkades Serentak Tahun 2021 Secara Luring Dan Daring

Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron saat melantik Kades terpilih hasil Pilkades serentak tahun 2021

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron melantik kepala desa terpilih hasil pilkades serentak tahun 2021. Pelantikan pada masa PPKM pandemi Covid-19 ini dilakukan secara tatap muka (luring) dan Virtual (daring). “Kades terpilih yang dilantik pada hari ini ada 111 orang, namun yang dilantik secara tatap muka di pendopo agung adalah perwakilan Kades terpilih dari masing-masing kecamatan sebanyak 18 orang, selebihnya mengikuti pelantikan secara virtual di kantor kecamatan masing-masing,” kata Ra Latif sapaan akrabnya Bupati Bangkalan usai melantik Kades terpilih di pendopo agung Bangkalan, Rabu (28/07/2021).

Pelantikan  Kades terpilih periode 2021-2027 yang dilakukan secara virtual dan saecara langsung dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). “Pada masa pandemi covid-19 ini, kami harus melakukan pelantikan namun harus tetap menerapkan prokes, pelantikan pada masa pandemi Covid-19 ini tidak seperti pelantikan sebelumnya –sebelumnya, Kades yang dilantik tidak boleh membawa pasangannya apalagi membawa suporter dan pedukungnya,” jelas Ra Latif.

Pada kesempatan itu, orang nomer satu dilingkungan pemkab bangkalan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan pilkades serentak tahun 2021. “Saya ucapkan terima kasih kepada kepada semua pihak khususnya masyarakat desa yang telah melaksanakan pesta demokrasi desa dengan aman, tertib dan lancar ini menandakan bahwa masyarakat kabupaten bangkalan sangat menghargai nilai nilai demokrasi skala kecil yaitu di desa,” terang Ra Latif.

Kepada masyarakat desa Bupati Bangkalan mengajak agar semua masyrakat desa mendukung kades terpilih yang sudah dilantik. “Saya mengajak kepada masyarakat desa untuk mendukung dan membantu kades terpilih dalam melaksanakan tugasnya, mari bahu membahu dalam menggali potensi desa yang ada untuk membangun desa,  lupakan perbedaan  yang muncul selama proses pilkades untuk menyongsong masa depan yang gemilang,” tuturnya.

Sedangkan kepada kepala desa terplih yang sudah dilantik, Bupati meminta agar supaya kades yang telah dilantik memberikan pelayanan yang baik kepada masyrakatnya dan merangkul semua pihak.”Kepada kades terpilih  yang sudah dilantik, saya meminta untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik sebaiknya kepada warga tanpa pandang bulu tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, semua warga sudah menjadi tangung jawab saudara,” tuturnya.     

pada masa pandemi Covid-19 ini, Bupati Bangkalan juga mengharapkan kepada kades yang dilantik untuk bekerjasama dengan tiga pilar di kecamatan dalam menanggulangi pandemi Covid-19. “Dengan adanya pandemi covid-19, harapan kami kepala desa yang baru dilantik ini bisa bekerjasama dengan tiga pilar yang ada di masing masing kecamatan sehingga  penanggulagan Covid-19 bisa teratasi dengan baik,” katanya.

Dalam pelaksanaan pilkakdes serentak ada 6 kades terpilih yang meninggal dunia yaitu Kades Buluh, Kades Tegar Priyah , kades Sendang Laok, kades Kamal, Kades  Makam Agung dan Kades Cendaga. “Ada 6 orang kades terpilih yang meninggal dunia  tentunya tidak dilantik dan akan di PJ-kan dari kecamatan Desa yang kades terpilihnya meninggal dunia tidak bisa di PAW, nanti ikut pilkades serentak pada pilkades serentak yang akan datang,” ujarnya.

tidak kalah hikmat pelantikan kades terpilih yang dilakukan secara virtual oleh kecamatan-kecamatan. seperti pelantikan kades terpilih virtual di kecamatan Burneh. ada 6 Kades terpilih yang dilantik. 4 orang kades terplih yaitu Kades Perreng, Kades Kapor, Kades Alas Kembang dan Kades Benangkah mengikuti pelantikan virtual di kantor kecamatan Burneh, sementara Kades Burneh dan kades Arok mengikuti pelantikan secara langsung di pendopo Agung Bangkalan   

Kades Terpilih di kecamatan Burneh saat foto bersama usai mengikuti pelantikan secara virtual

Camat Burneh, Ainur Ridlo menjelaskan, dua Kades terpilih di kecamatan Burneh yang mengikuti pekantikan langsung di pendopo agung bangkalan itu merupakan kades terpilih perwakilan dari kecamatan Burneh. “Kades Burneh dan Kades Arok mengikuti pelantikan di pendopo agung, sisanya mengikuti pelantikan secara virtual di sini (Kantor kecamatan red.),” kata Ridlo sapaan akrabnya Camat Burneh.

meskipun mengikuti pelantikan secara virtual, namun pihak kecamatan burneh tepa menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. “Prokes secara ketat tetap kita terapkan,” pungkasnya. (min/shb/*)