HEADLINEKESEHATANPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Bupati Pamekasan Kepicut Jagung Madura-1 dan Madura-2

Bupati Pamekasan Achmad Syafii
Bupati Pamekasan Achmad Syafii

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Bupati Pamekasan Achmad Syafii kepicut untuk mengembangkan jagung madura-1 dan Madura di kabupaten Pamekasan. Orang nomer satu dilingkungan pemkab pamekasan itu tampak sangat antusias untuk memborong bibit jagung hibrida madura yang merupakan hasil persilangan galur madura dengan genotip jagung dari Balitsereal. Namun sayang Mantan anggota DPR RI itu tidak bisa memborong bibit jagung Madura-1 maupun jagung madura-2 karena belum dilepas di pasaran. “Saya mencoba namun belum ada bibitnya,” kata Achmad Syafii saat menghadiri acara Pengarahan dan Peresmian sarana dan Prasarana Pendidikan serta peluncuran jagung madura 1 dan madura 2 di Geunag Pertemuan Universitas Trunojoyo Madura, Selasa (03/05/2016).

Dikatakan dia, seandainya bibit jagung Madura-1 dan madura-2 sudah tersedia, maka dirinya akan membeli untuk dikembangkan di kabupaten Pamekasan. “Belum ada, dan belum dijual bibutnya,” terang Achmad Syafii.

Untuk mempercepat peningkatan produksivitas jagunf madura, Universitas Trunojoyo Madura melisensi jagung Hibrida balisereal dengan nama madura-1 dan Madura-2. Kedua varietas tersebut sudah diuji di Madura dan rata-rata produktivitas 7 ton/hektar. Terua kedua varietas sudah mulai diperbanyak dan diproduksi oleh Universitas Trunojoyo Madura. (hib/shb)