HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI


Dekati Pelaksanaan Pencoblosan, KPU Bangkalan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Simulasi pemilih Disabilitas saat menggunakan hak pilihnya

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Mendekati pelaksanaan Pencoblosan pada tanggal 14 Pebruari 2024, KPU Bangkalan menggelar Simulasi pemungutan, penghitungan suara penggunaan Sirekap pada pemilu tahun 2024. “Simulasi pada hari ini merupakan salah satu tahapan pemilu 2024 yang akan dilaksanakan nanti pada tanggal 14 Pebruari, ” kata Devisi SDM, Parmas dan Sosdiklih KPU Bangkalan Sairil Munir, SH disela sela acara simulasi pemungutan, penghitungan suara serta penggunaan Sirekap pada pemilu tahun 2024 di kantor KPU Bangkalan, Sabtu (27/01/2024).

Dikatakan dia, ada perbedaan mekanisme rekapitulasi suara di TPS. “Perbedaan mekanisme rekapitulasi di tingkat TPS itu, kalau dulu KPSS harus menulis sejumlah banyaknya saksi, tapi kalau sekarang saksi  mendapatkan C hasil salinan (dulu C-1) dan  penggandaan C salinan ini digandakan  di TPS, dan  kalau dulu KPPS harus nulis sebanyak jumlah saksi tapi sekarang cukup nulis satu kali, kemudian digandakan di tps, harus digandakan di TPS kalau di luar TPS tidak boleh, ” jelas Munir sapaan akrabnya Komisioner KPU Bangkalan ini.

Selain itu kata Munir, hasil perolehan suara di TPS bisa langsung dilihat melalui aplikasi Sirekap. “Bisa dilihat di Sirekap langsung online, jadi hasil perolehan suara  di TPS langsung online,” terangnya.

Dijelaskan Munir, simulasi pemungutan, penghitungan dan penggunaan Sirekap ini digelar, pihaknya ingin menjelaskan kepada KPPS dan PPS ukuran luas TPS serta tata cara pelaksanaan pemungutan suara hingga penghitungan perolehan suara. “Penghitungan perolehan suara bisa dilakukan apabila semua saksi sudah lengkap dan ada aparat dari TNI dan Polri, ” tuturnya.

Setelah proses penghitungan perolehan suara selesai jelas Munir, maka kotak suara langsung dibawa ke kantor PPK. “Kotak suara langsung di bawa ke PPK, tidak boleh dibawa ke rumah siapapun, ” katanya.

Komisioner KPU Bangkalan Sairil Munir mengharapkan, semoga pelaksanaan pemungutan suara pada tanggal 14 Pebruari berlangsung aman dan lancar. “Semoga pencoblosan di kabupaten Bangkalan nanti berlangsung aman dan kondusif, ” pungkas Munir. (min/shb)