HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan kabupaten Bangkalan Optimis Target Produksi Padi Tercapai

petani saat panen padi

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan kabupaten Bangkalan optimis target produksi pada pada musim tanam pertama akan tercapai. “Kita optimis target produksi pada akan tercapai, ” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan kabupaten Bangkalan, Ir Puguh Santoso melalui Kabid produksi Tanaman pangan, Abu Said, Selasa (21/02/2023)

Dikatakan dia, target produksi padi pada musim tanam tahun 2022-2023 ini sebanyak
2.383.927,87 kwintal. “Sekarang memang sudah ada petani yang panen, tapi masih 40 persen, bulan Maret nanti  bisa 90 persen dan sudah bisa diketahui berapa hasil produksinya,” jelas Said sapaan akrabnya Kabid produksi Tanaman pangan,  Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Said, jika melihat kondisi sejak musim tanam pertama pada bulan Oktober 2022 hingga April 2023, pihaknya optimis produksi padi akan tercapai. “Insya Allah tercapai karena selama musim tanam  tidak ada kendala, serangan hama tida ada, memang pada saat banjir ada genangan  tapi tidak sampai merusak tanaman padi, ” terangnya.

Optimis target  produksi padi bukan tanpa alasan, karena Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan kabupaten Bangkalan telah melakukan berbagai upaya diantaranya penyiapan bibit serta ketersediaan pupuk. “Kita telah memberikan penyuluhan kepada petani terkait dengan pengunaan benih yang bagus, pengunaan pupuk yang berimbang, ada NPK ada organik, jadi kita sangat optimis target itu tercapai, ” pungkas Said. (min/shb)